HETANEWS.COM

Rebranding Toba, Hasim: Libatkan Masyarakat, Jangan Main Tunggal

Foto : Balon Bupati Simalungun, Hasim, saat bercengkrama dengan masyarakat

Simalungun, Hetanews.com - Kawasan Danau Toba telah menjadi ecopark kelas dunia. Pemerintah pusat beserta jajaannya,dalam hal ini Kementrian PUPR, giat mengkampanyekan Rebranding Toba untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Salah satu sudut yang akan direbranding adalah kawasan Pelabuhan Parapat, yang oleh Bupati Simalungun rencananya akan diberi nama Pelabuhan Rondahaim Saragih.

Keputusan ini kemudian mengundang polemik, bukan karena penamaan pelabuhan tapi para tetua kampung merasa ini menjadi keputusan sepihak karena tidak melalui proses musyawarah mufakat.

Muhajidin Nur Hasim, balon Bupati Simalungun, mengusulkan agar pemkab tidak grasa-grusu dalam Rebranding Toba ini, Rabu (19/08/2020).

“Harus tenang pastinya. Undang muspida dan tetua masyarakat. Pemkab harus mampu menjadi leader menggandeng semua unsur masyarakat di Kab.Simalungun, supaya punya peran aktif dalam Rebranding Toba ini.”

Pengusulan sepihak tanpa melibatkan stakeholder dirasa bisa berdampak jangka panjang.

“Gimana masyarakat mau mengawal Rebranding Toba ini kalau diajak aja enggak .” Ujar Hasim.

“Rebranding Toba ini kan kedepannya diharapkan meningkatkan pendapatan masyarakat. Harusnya prioritas action-nya dengan melibatkan unsur masyarakat, jangan masyarakatnya dicuekin. Kesannya kan main tunggal. Kedepan gimana mau ngajak masyarakat kalau sedari awal sudah seperti ini?” Tutup Hasim.

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan