HETANEWS.COM

Rebranding Toba, Timbul Jaya: Penyebutan nama harus dibuat dalam Perda

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani (Foto/Juindra)

Simalungun, hetanews.com - Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Timbul Jaya Sibarani Selasa, (18/8/2020) menjelaskan terkait rencana penamaan pelabuhan Parapat yang harus melalui kajian terlebih dahulu.

Berbagai aspek juga harus jadi pertimbangan untuk penamaan tersebut. Kabar yang beredar pelabuhan parapat akan dinamai dengan Pelabuhan Rondahaim Saragih.

Timbul Jaya Sibarani menyambut baik hal ini namun memberi catatan bahawa penamaan harus dibuat di dalam Peraturan Daerah (Perda) dengan melalui mekanisme kajian secara sosial budaya dan hukum.

"Cari tokoh-tokoh lokal yang punya nama graduate nasional, artinya perlu kita inventarisir siapa-siapa saja calon yang kita sepakati," ungkapnya.

Timbul meminta ego-ego kelompok itu harus di kesampingkan dan berfokus bagaimana cara kita untuk membangun Parapat yang lebih baik.

Ketua DPRD Kabupaten Simalungun dari Partai Golkar itu menyarankan Pemerintah Kabupaten Simalungun, DPRD Simalungun dan penatua adat parapat harus duduk bersama.

"Jangan putuskan ke  satu calon terlebih dahulu, dimainkan dulu, diinventarisir dulu dan baru dipelajari mana yang lebih cocok dan mana yang lebih pantas dari aspek sosial, budaya kepatriotannya dan lainnya," ungkapnya.

Timbul meminta untuk pemerintah kabupaten Simalungun mengumpulkan nama-nama yang pantas, begitu juga dengan penatua kampung atau pembuka kampung, kumpulkan siapa-siapa saja calon yang akan dibawa.

"Setelah itu kita duduk bersama, kita kaji bersama bagaimana sejarah mereka, bagaimana kepatriotan mereka, apakah si A lebih baik? Apakah si B lebih cocok? Si C? Si D? Nah disana bisa diputuskan dengan suara bersama," Sarannya.

Penulis: juindra. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan