HETANEWS.COM

Mixnon: Bupati Ingin Rondahaim Saragih jadi Pahlawan Nasional

Sekdakab Simalungun, Mixnon Simamora. (foto/juindra)

Simalungun, hetanews.com - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Simalungun, Mixnon Simamora mengatakan, Bupati Simalungun, JR Saragih ingin Danau Toba itu dikenal luas secara Nasional, maupun Internasional.

"Kita menyambut dengan antusias program Pemerintah Pusat dengan adanya rebranding Toba,"katanya, Senin (17/8/2020).

Disinggung soal syarat yang diminta Bupati Simalungun, yaitu nama  Rondahaim Saragih, menjadi salah satu nama di Parapat, Mixnon Simamora mengatakan, bahwa terkait penyebutan nama, pihaknya ingin nama itu dikenal secara meluas.

"Dan ini, tuan Rondahaim Saragih, merupakan pahlawan Simalungun yang sedang diusahakan, melewati beberapa tahap dan tinggal sidang dewan gelar kepahlawanan," ungkapnya.

Diharapkan Mixnon, Tuan Rondahaim Saragih dalam waktu dekat menjadi pahlawan Nasional.

Dikatakannya, bahwa Pemkab Simalungun sudah melakukan seminar di USU, sudah ke Kementerian dan sedang melewati sidang dewan gelar kepahlawanan. Dan usaha Pemkab Simalungun sudah 90%, katanya.

Makanya, kita usulkan Tuan Rondahaim Saragih sebagai pahlawan nasional ke Parapat, ujarnya.

Menurut Mixnon, Bupati Simalungun, JR Saragih tidak mengecilkan pejuang-pejuang lokal yang ada di Simalungun.

Dia mencontohkan Tuan Imam Bonjol. "Mungkin kita tidak tahu, dimana perjuangan tuan Imam Bonjol, tetapi ada jalan Imam Bonjol dan kita tidak keberatan, kita kan satu Nasional, apalagi satu daerah begini," katanya.

Ketika ada pahlawan nasional di sini, walaupun belum resmi dikeluarkan, tetapi sudah 90% angkanya, itulah kita masukkan supaya ada kebanggaan Simalungun ini, menjadi kebanggaan semua orang di kabupaten Simalungun, ungkapnya.

Penulis: juindra. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!