HETANEWS.COM

Wisata Danau Toba Mulai Ramai Pengunjung

Kawasan pantai di Parapat dan sejumlah pondok - pondok tampak dipadati pengunjung. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Kawasan wisata Danau Toba Parapat, mulai ramai dikunjungi, mengisi waktu libur panjang, mulai Jumat hingga Senin (14-17 Agustus 2020). Terlihat kawasan pantai Danau Toba, ramai pengunjung, Minggu (16/8/2020).

Sejumlah pondok - pondok tempat bersantai bersama keluarga, terpantau ramai, pada Minggu siang tadi.

Banyak pengunjung yang datang dari kota Pematangsiantar, Simalungun, Medan, Sibolga dan lainnya.

Menurut salah seorang pengelola pantai, di Pesanggrahan, br Sinaga, sewa pondok dibandrol rata Rp.50 ribu, sewa sarana air berbentuk bebek juga Rp50 ribu/jam. Sedangkan wahana banana boat dan sky air, dibandrol Rp400 hingga Rp600 ribu.

"Sudah mulai ramai sejak new normal, pengunjung mulai banyak yang datang,"katanya ketika ditanya wartawan, siang tadi.

Sejumlah kapal wisata juga sudah banyak beroperasi, karena pengunjung sudah diperbolehkan menyeberang ke Pulau Samosir. Jalanan menuju Parapat juga terlihat ramai dan lancar.

Sejumlah hotel dan penginapan juga penuh, terlihat dengan banyaknya mobil parkir, di area hotel. Bahkan tarif hotel di Parapat juga sudah normal.

Sebelumnya, beberapa hotel memberikan diskon hingga cukup membayar Rp200 ribuan. Tapi kini sudah normal Rp600 ribu hingga Rp1,5 juta.

Salah seorang pengelola Mess Kesehatan Pemprovsu, Mulyadi mengakui, jika sejumlah hotel dan penginapan penuh. "Saya saja, sudah ke sana ke sini juga cari penginapan untuk tamu, tapi semua penuh,"katanya.

"Sekarang sewa kamar mulai normal, ada yang Rp400 ribu, Rp500 ribu, bahkan sampai Rp2,5 juta. Hotel Inna dan Niagara juga penuh,"katanya yang sudah puluhan tahun bertugas, di Mess Pemprovsu.

Masyarakat Danau Toba berharap situasi ini bisa semakin baik, dan semakin ramai pengunjung. Dan berharap menyambut tahun baru nanti, pengunjung lebih banyak lagi. Karena sebahagian besar mata pencaharian masyarakat dari kunjungan wisatawan.

Baik yang menjual souvernir, rumah makan, parkir, sewa pondok dan lainnya, semua berharap pada wisatawan.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan