HETANEWS.COM

Pabrik PT. Liga Indo Kayu Lestari Ludes Terbakar, 8 Unit Mobil Damkar Diterjunkan

Petugas damkar saat berusaha memadamkan kobaran api, Sabtu (15/8/2020). (foto/wh)

Tebing Tinggi, hetanews.com -  Pabrik PT. Liga Indo Kayu Lestari, ludes terbakar dilalap api, tepatnya di Jalan Paya Pasir, Dusun 2, Desa Paya Pasir, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), pada Sabtu pagi tai (15/8/2020), sekitar pukul 09:30 WIB. Dugaan sementara, kejadian itu akibat korsleting listrik.

Pagi itu, seluruh karyawan pabrik sedang bekerja, dan tiba-tiba, di bagian dalam ruagan pengering, ada percikan api, di salah satu mesin pengering, dan api langsung menyambar bagian  bahan kayu pelapis, di dalam ruangan.

Dan berselang beberapa menit, api langsung membesar dan membakar hampir seluruh isi bangunan pabrik, mulai dari depan hingga kebelakang pabrik.

Akibat kejadian ini, seluruh karyawan pabrik yang berada di dalam, langsung berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Menurut keterangan personalia/ humas pabrik, Jaster Pangaribuan (52), api diduga berasal dari percikan api salah satu mesin watkidi atau mesin pengering.

Api langsung membesar dan membakar seluruh isi dalam bangunan, katanya.

Melihat kejadian ini, pihak pabrik langsung melakukan penyelamatan dan menyuruh seluruh karyawan keluar dari pabrik.

Untuk kerugian material, pihak pabrik  belum bisa menghitungnya, karena hingga saat ini, seluruh isi bangunan yang terbakar belum dihitung, kata Jaster.

Setelah mendapatkan laporan dari pihak pabrik, petugas Polres Tebingtinggi, Polsek Tebingtinggi dan petugas damkar, langsung bergegas terjun ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Di lokasi petugas damkar, sempat kewalahan menjinakan api, dikarenakan isi dalam pabrik, merupakan bahan-bahan meterial sangat mudah terbakar.

Berselang hampir lebih kurang 2 jam, api akhirnya dapat dijinakan setelah 5 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemko Tebingtinggi, dibantu 3 unit damkar milik Pemkab Sergai, terjun ke lokasi kejadian.

Kapolsek Tebingtinggi, Iptu. Doraria Simanjuntak, saat dimintai keterangannya, terkait kebakaran tersebut, membenarkan peristiwa itu dan untuk penyebabnya, diduga berasal dari salah satu mesin pengering yang ada di dalam ruangan pabrik, dan untuk kerugian material, polisi belum bisa menaksirkan berapa kerugiannya. Dan tidak ada korban jiwa, tandas Iptu Doraria.

Penulis: willi. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan