HETANEWS.COM

Ingin Memulai Bisnis Online Tapi Gaptek? Ini Saran dari Sandiaga Uno

Sandiaga Uno di The Maj, Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3/2020). Foto: KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI

Hetanews.com - Bisnis online kian menggeliat dan semakin digandrungi oleh orang-orang yang ingin berwirausaha. Apalagi sejak merebaknya pandemi COVID-19 yang memaksa masyarakat mau tidak mau beralih ke online.

Alhasil, saat ritel-ritel offline mengalami kebangkrutan di tengah pandemi, bisnis online justru tak sedikit yang malah untung. Kondisi tersebut kemudian membuat peminat bisnis online melonjak.

Sayangnya, tak sedikit para pelaku usaha itu yang takut beralih ke bisnis online lantaran tidak melek terhadap teknologi, alias gaptek. Nah, menurut Sandiaga Uno, gaptek tidak menjadi hambatan bagi seseorang untuk memulai bisnis online.

"Teknologi itu jangan anggap sesuatu yang menakutkan. Ibu saya hampir 80 tahun, sekarang dia sudah mahir ber-Instagram ria, jualan di Instagram," ujar Sandi saat menjadi pembicara dalam webinar yang diadakan Crewdible, Jumat (14/8).

Sandi kemudian menceritakan, hal pertama yang mesti dilakukan oleh mereka yang gaptek ini adalah mau belajar untuk beradaptasi. Bisa dengan melihat berbagai pelatihan atau kursus untuk menggunakan teknologi, seperti yang dilakukan oleh sang ibu.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu kemudian bercerita mengenai Oke Oce, program yang dia bawa dalam kampanye Pilpres 2019 lalu. Saat ini, kata Sandi, Oke Oce juga menerima peserta dari segala usia dan bahkan banyak yang tidak mengerti teknologi.

Adapun saran selanjutnya, jika memang tetap sulit untuk beradaptasi, Anda tetap bisa berbisnis online dengan menggandeng mitra yang melek teknologi. Sandi menilai hal seperti itu sah saja dan biasa terjadi di dunia usaha.

"Kami di Oke Oce juga kembangkan untuk segala usia. Tapi kalau gaptek, kita bisa rangkul mitra yang berbisnis dari sisi teknologinya," pungkasnya.

Sumber: kumparan.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!