HETANEWS.COM

Jumlah Tilang Hasil Operasi Patuh Toba 2020 di Simalungun 936 Pelanggar

Petugas tilang Kejari Simalungun saat melayani masyarakat yang akan mengambil barang bukti tilang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Operasi Patuh Toba 2020 yang digelar, mulai 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020, lalu oleh Polres Simalungun, tercatat 936 berkas yang masuk ke Pengadilan Negeri (PN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun.

Berkas tersebut telah diterima dan sebahagian barang bukti telah diambil oleh si pelanggar.

Berkas tersebut disidangkan dalam 2 tahapan, di Minggu pertama, pada Jumat (7/8/2020) lalu, disidangkan 413 berkas, dan pada Jumat (14/8/2020), disidangkan 523 berkas.

Persidangan yang telah dilakukan secara online melalui e-tilang, maka pengadilan tak lagi menyidangkan secara manual.

Petugas Lantas dapat memberikan laporan ke Pengadilan untuk selanjutnya diserahkan ke kejaksaan. Sehingga si pelanggar, dapat menebus barang bukti ke kantor Kejaksaan, jalan Asahan Km 4,5.

Sedangkan pembayaran denda tilang, langsung dibayarkan ke BRI, karena pihak kejaksaan tidak melayani pembayaran secara tunai.

Dengan menunjukkan bukti bayar (warna biru), maka petugas tilang akan menyerahkan barang bukti, baik berupa SIM ataupun STNK. Demikian dikatakan petugas tilang, di Kejari Simalungun, Adiman SH.

"Kami hanya melayani pelanggar yang telah membayar denda ke BRI, jika belum membayar denda ke Bank, maka kami akan memberikan petunjuk untuk segera melakukan pembayaran. Karena kejaksaan hanya tinggal menyerahkan barang bukti saja,"jelas Adiman.

Dari 523 berkas, tercatat sebanyak 515 dari kepolisian dan 8 berkas dari PJR. Pelayanan di kantor kejaksaan, tetap mengikuti standard protokoler kesehatan Covid-19.

Masyarakat yang akan mengambil barang bukti harus menggunakan masker, mencuci tangan dengan sarana yang telah tersedia dan harus menjaga jarak.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!