HETANEWS.COM

Kadis Kominfo Siantar Dititip di Lapas Tanjung Gusta Medan

Kasi Intel Kejari Siantar, Bas Faomasi Jaya Laia SH MH dan kedua terdakwa (crop). (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Mantan Kadis Kominfo Kota Pematangsiantar, Posma Sitorus dan mantan sekretarisnya, Acai Tagor Sijabat AP (selaku PPK dalam pengadaan proyek smart city), akhirnya dititipkan di Rutan Anak Tanjung Gusta Medan, sebelum dimasukkan ke Lapas Tanjung Gusta.

Pasca persidangan perdana yang digelar secara online, pada Kamis (13/8/2020), di PN Tipikor Medan.

"Kedua terdakwa diisolasi atau karantina selama 14 hari, di rutan anak Tanjung Gusta, sebelum dititipkan di Lapas Tanjung Gusta,"kata Kasi Intel Kejari Siantar, Bas Faomasi Jaya Laia SH MH, kepada wartawan, Jumat (14/8/2020), di kantornya.

Lebih lanjut dikatakannya, jika berkas perkara dilimpahkan  ke PN Tipikor Medan, pada 3 Agustus 2020, dan kedua terdakwa, dipindahkan dari Siantar ke Rutan Anak Tanjung Gusta, pada 10 Agustus 2020, lalu.

Dalam persidangan, terdakwa Posma didampingi pengacaranya, Floderens Sihaloho SH dari Medan. Sedangkan terdakwa Acai, didampingi pengacara, Dahyar Harahap SH dari Pematangsiantar.

Agenda persidangan, pada Kamis (13/8/2020), mendengarkan pembacaan surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum, yang langsung dibacakan Kasi Pidsus Dostom Hutabarat SH.

Keduanya dijerat dengan  pasal 2 Jo pasal 18 UU No.31/1999 yang telah dirubah dengan UU No.20/2001 tentang korupsi dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun.

Keduanya terdakwa  diduga telah melakukan perbuatan korup dalam pengadaan proyek pengadaan server smart city yang bersumber dari APBD TA 2017 yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp450 juta lebih, berdasarkan hasil audit BPKP.

Tim pengacara dari kedua tersangka akan mengajukan eksepsi atau tangkisan (bantahan) atas dakwaaan tersebut. Untuk itu, majelis hakim pada Pengadilan Tipikor di Medan akan memberi kesempatan dan persidangan ditunda hingga Senin (24/8/2020) mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!