HETANEWS.COM

Ferry Sinamo: Tidak Ada DPRD Siantar Sebut 70 Orang tapi 6 Orang

Ferry Sinamo. (foto/leo)

Siantar, hetanews.com - Anggota DPRD Siantar dari Fraksi PDI Perjuangan, Ferry Sinamo, menilai bukan dari segi berapa orang pejabat Pemko Siantar yang akan dilantik, akan tetapi kondisi Siantar yang akan mennghadapi Pilkada.

"Yang jelas, mau berapapun yang dilantiknya (Wali Kota Siantar,red), itu sudah menyalahi karena Siantar dalam Pilkada," ujar Ferry Sinamo, kepada wartawan, Jumat (14/8/2020).

Ditegaskannya, bahwa Undang-undang juga mengatakan, enam bulan sebelum penetapan dan enam bulan setelah terpilih, Wali Kota tidak bisa melakukan pergeseran pejabat.

"Maka kami mengatakan kepada KASN, lebih baik dihentikan semua itu untuk pelantikan dan pergeseran pejabat di Siantar," ujarnya.

Setelah berkoordinasi dengan KASN, Wali Kota Siantar, Hefriansyah, tidak ada meminta rekomendasi 70 orang akan tetapi 6 orang, ujarnya.

"Jadi tidak ada kami mengatakan 70 orang, akan tetapi 6 yang dia minta ke KASN," ujar Ferry.

Masih katanya, tujuan DPRD Siantar berkoordinasi dengan KASN karena kawatir, surat yang diedarkan Wali Kota ke SKPD untuk mempersiapkan assessment.

"Yang menjadi kekawatiran kita karena ada surat edaran ke SKPD untuk mempersiapkan ASN. Makanya yang kami katakan kepada KASN, kalau nantinya lebih dari enam, siapa yang bertanggungjawab," ujarnya.

Kalau ada pelantikan tahun 2020 ini, maka Wali Kota Siantar sudah melanggar Perda Nomor 6 tahun 2020 dan di LKPJ APBD 2019 juga ada poin itu dan dia melanggar Undang-undang Pilkada, tegasnya.

"Kalau memang untuk yang 6 itu tidak mungkin ada surat edaran. Kalau memang mau melantik, cukup yang enam itu aja. Tidak usah ada beredar surat itu untuk siap-siap assessment. Jadi bukan kita yang mengatakan 70 orang. Jadi kami menilai, itu merupakan pintu masuk karena adanya surat edaran tentang kesiapan OPD untuk assessment," tutupnya.

Penulis: leo. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!