HETANEWS.COM

Rektor USU Sebut 33 Dosen dan Tenaga Kependidikan USU Terpapar Covid-19

Kampus USU Medan. Foto: Istimewa

Medan, hetanews.com - Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan perpanjangan masa penutupan kampus atau lockdown yang kedua. Masa lockdown semula tanggal 2 Agustus diperpanjang hingga 8 Agustus, dan kembali diperpanjang hingga 15 Agustus 2020.

Melalui sosial media resmi Universitas Sumatera Utara, Rektor USU Runtung Sitepu menyebutkan bahwa sampai saat ini terdapat 33 orang positif covid-19 yang berasal dari kalangan dosen dan tenaga kependidikan di USU.

"USU kembali lockdown sejak tanggal 8-15 Agustus 2020, jumlah yang terinfeksi positif covid-19 di kalangan USU terdata 33 orang yang berasal dari kalangan dosen dan tenaga kependidikan," ujar Runtung dalam keterangan tertulis yang dirilis di akun Instagram resmi @official.usu, Kamis (13/8/2020).

Dikatakannya, jumlah tersebut sudah termasuk pasien positif covid-19 yang sudah sembuh, termasuk dirinya.

"Jumlah 33 orang yang terpapar itu termasuk yang sudah sembuh seperti Rektor USU, Wakil Rektor I Prof Dr Ir Rosmayati, MS dan suami beliau Prof Darma Bakti yang merupakan anggota Majelis Wali Amanat USU dari unsur Senat Akademik," katanya.

Menutup pesannya, Rektor USU juga mengajak semua pihak untuk turut mendoakan kesehatan dan keselamatan para civitas akademika USU.

"Kita doakan semoga segenap pimpinan USU dan civitas akademika nya selalu diberikan kesehatan dan dalam lindungan Allah SWT," tutupnya.

Sebelumnya, perpanjangan lockdown kampus USU disampaikan melalui surat edaran Nomor 6967/UN5.1/KPM/2020 yang dikeluarkan pada Minggu (8/8/2020).

Rektor menyebutkan dalam surat keterangan tersebut bahwa perpanjangan lockdown perlu dilakukan karena masih ditemukan kasus baru covid-19 di kalangan keluarga besar USU.

"Mengingat sampai hari ini masih ada kasus baru yang dinyatakan positif covid-19 dari kalangan keluarga besar USU makan masa penutupan kampus USU dari seluruh aktivitas diperpanjang hingga tanggal 15 Agustus 2020 dan akan dievaluasi kembali sesuai situasi kondisi," bunyi surat edaran yang ditandatangani Rektor USU Runtung Sitepu tersebut.

Dalam surat tersebut juga dinyatakan bahwa surat edaran mengenai perpanjangan masa penutupan kampus ini akan dievaluasi kembali sesuai situasi dan kondisi.

Rektor mengimbau, selama masa perpanjangan masa lockdown diharapkan semua pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan melakukan tugas kedinasan dari rumah atau Work From Home dan presensi kehadiran dilakukan secara daring.

"Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir," tutupnya.

Update Data Covid-19 di Sumut

Sementara itu, kasus positif Covid-19 di Sumut kembali mencatatkan angka cukup tinggi di Sumut. Tercatat hari ini, Kamis (13/8/2020) hingga pukul 16.00 WIB, bertambah 94 kasus baru Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemprov Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan menerangkan bahwa total pasien terpapar virus Corona berjumlah 5.358 orang di Sumut.

"Update data Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara hingga 13 Agustus 2020, pasien konfirmasi bertambah 94 kasus baru dengan total berjumlah 5.358 orang," ungkapnya.

Angka positif terkonfirmasi Covid-19 tersebut hasil dari 28.255 spesimen sampel yang telah diuji di laboratorium. Sampel untuk hari ini dilakukan terhadap 450 orang. Peningkatan juga terjadi pada pasien sembuh dari virus corona yaitu bertambah sebanyak 148 orang.

"Pasien meninggal dunia akibat positif virus corona bertambah 5 orang menjadi 237 orang. Sementara pasien sembuh total menjadi 2.336 orang," tutur Whiko.

Untuk pasien suspek atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mengalami pengurangan sebanyak 15 orang dalam sehari.

"Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap berjumlah 550 orang," ungkap Whiko

Whiko menyebutkan penyebab dari melonjaknya angka ini disebabkan masifnya pemeriksaan yang dilakukan pihaknya.

"Kita dapatkan beberapa kali melonjaknya angka kasus positif Covid-19 di Sumatera Utara yang ada saat ini. Hal ini salah satunya karena masifnya pemeriksaan swab PCR dan rapid test yang dilakukan Gugus Tugas di Sumatera Utara. Yang dilakukan baik di rumah maupun di lokasi lainnya," tuturnya.

Sumber: medan.tribunnews.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!