HETANEWS.COM

Situs Bersejarah Ditemukan di Stasiun Bekasi, Dipastikan Peninggalan Belanda

Penemuan jendela besar, salah satu temuan situs bersejarah di Stasiun Bekasi yang sedang di teliti oleh Tim Ahli Cagar Budaya Kota Bekasi.

Bekasi, hetanews.com - Situs bersejarah ditemukan di wilayah proyek pembangunan Stasiun Bekasi, Jawa Barat, dan proyek rel ganda/doube track.

Temuan menjadi perbincangan warganet sejak foto situs tersebut diunggah oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dalam akun Instagramnya pada Senin (10/8).

Sejarawan sekaligus Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Kota Bekasi, Ali Anwar, mengatakan bahwa situs tersebut sudah mulai diteliti sejak Jumat (7/8). Sejauh ini, tim sudah mendapat tiga penemuan dari hasil penelitian situs tersebut.

“Sejauh ini sudah ditemukan 3 situs. Yang pertama penemuan struktur bangunan berbentuk bulat. Bentuknya seperti dom yang jaraknya sekitar 4 meter," ujar Ali kepada kumparan, Kamis (13/8).

"Kedua, yaitu struktur pondasi bangunan. Posisinya sekitar 4 meter dari struktur bangunan dari batu bata yang mirip dom tadi," imbuhnya.

"Yang ketiga adalah penemuan jendela besar. Jendelanya dibuat dari kayu jati, sisa dari peninggalan bangunan lama sebelum Stasiun Bekasi ini,” ungkap Ali.

  • Peninggalan Era Belanda

Situs Bersejarah Ditemukan di Stasiun Bekasi, Dipastikan Peninggalan Belanda (1)
Penemuan jendela besar, salah satu temuan situs bersejarah di Stasiun Bekasi yang sedang di teliti oleh Tim Ahli Cagar Budaya Kota Bekasi.

Selain itu, Ali menjelaskan bahwa hingga hari ini penelitian masih dilanjutkan. Hasil penelitian juga masih bersifat sementara dan penelitian ini juga akan dibantu oleh tim tingkat provinsi.

“Tadi juga kami dari tim bersama dengan Pak Wali Kota kembali ke lokasi untuk meneliti lebih dekat. Biasanya kan kami melihatnya dari jarak yang agak jauh. Tapi ini semua baru kesimpulan awal kami, nanti akan diteliti lebih lanjut bersama tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten," bebernya.

Ali juga memastikan bahwa situs-situs tersebut merupakan peninggalan sejarah dari Belanda. Tidak ada tanda-tanda bahwa situs ini merupakan peninggalan dari zaman kerajaan Nusantara.

“Kalau peninggalan kerajaan seperti Tarumanegara sih enggak mungkin ya. Karena peninggalan dari Tarumanegara itu bebatuannya besar-besar sekali. Saya juga sudah meneliti candi-candi peninggalan Tarumanegara di daerah Karawang, ini berbeda sekali. Kalau ini sedang ukurannya," beber Ali.

Peninggalan Belanda sih bukan kemungkinan lagi, ini sudah pasti.

  • -Ali Anwar, Sejarawan Bekasi

Sejumlah netizen menganalisis temuan tersebut. Misalnya susunan batu bata yang ditemukan diduga merupakan bagian dari saluran air atau drainase.

  • Proyek Pembangunan Stasiun Jalan Terus

Hingga saat ini penelitian masih terus berlanjut, namun tidak menghalangi kelangsungan proyek pembangunan Stasiun Bekasi dan proyek double track yang tetap diadakan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulus Gagok Pudjiono.

“Dari berita itu udah disepakati pekerjaan di spot itu disetop, pekerjaan spot lain normal jalan. Intinya proyek jalan terus, hanya spot itu berhenti nunggu hasil penelitian dinas terkait,” kata Rode Paulus kepada kumparan, Kamis (13/8).

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!