HETANEWS.COM

Barang Bukti 5,65 Gram Sabu, Sibos Diancam 8,6 Tahun Penjara

Terdakwa Sinis diancam 8,6 tahun penjara. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Jaksa Barry Sugiarto Sihombing SH, menuntut pidana penjara selama 8 tahun 6 bulan, denda Rp800 juta, subsider 1 tahun penjara, terhadap terdakwa Risky Manik als Sibos (34), warga Sukarame Dalam, Kecamatan Pematang Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Tuntutan pidana jaksa itu, dibacakan dalam persidangan, Kamis (13/8/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun yang digelar secara online, melalui teleconfrence.

Terdakwa dipersalahkan jaksa melanggar pasal 112 (2) UU RI No 35/2009 tentang tanpa hak atau melawan hukum memiliki narkotika golongan I bukan tanaman. Selain pidana penjara dan denda, terdakwa juga dibebankan membayar ongkos perkara sebesar 5 ribu rupiah.

Menurut jaksa, terdakwa diamankan Satres Narkoba Polres Simalungun, pada Sabtu, 7 Maret 2020 lalu, di dalam kandang ternak bebek yang sudah kosong, milik Bintang Simanjuntak (DPO) yang masih sekampung dengan terdakwa.

Polisi menyita sabu seberat 5,65 Gram (bruto), 130 plastik klip kosong, timbangan digital dan handphone merk Nokia warna putih.

Semua barang bukti yang ditemukan dalam satu plastik dan tergantung di lokasi kandang. Terdakwa mengakui, jika barang bukti tersebut adalah milik Bintang Simanjuntak, dan terdakwa disuruh menjualkan barang haram tersebut.

Sebelum ditangkap, terdakwa disuruh memberikan sabu, kepada seorang laki - laki yang datang mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion dengan nopol BK 5301. Usai memberikan sabu, terdakwa ditangkap petugas.

Didampingi pengacara prodeo dari Posbakum PN Simalungun yang dihunjuk oleh majelis hakim, terdakwa meminta agar hakim meringankan hukumannya. Karena terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya.

Untuk pembacaan putusan hakim, ketua majelis Roziyanti SH didampingi Aries Ginting SHdan Yudi Dharma SH, masing - masing sebagai hakim anggota menunda persidangan hingga Senin (24/8/2020) mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan