HETANEWS.COM

Dituntut 8 Bulan Penjara, Pencuri 6 Tandan Sawit Ini Minta Keringanan

Terdakwa Rudi diancam 8 bulan penjara karena curi 6 tandan sawit. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Rudi Siregar (23), warga Huta I Teladan, Kecamatan Bosar Maligas, memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan.

"Saya mohon, hukum saya seringan-ringannya yang mulia, saya menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Jika saya mengulangi perbuatan itu lagi, saya bersedia dihukum, seberat-beratnya,"kata terdakwa, disidang PN Simlaungun, Kamis (13/8/2020) yang digelar secara online, melalui teleconfrence.

Terdakwa dituntut hukuman 8 bulan penjara, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani oleh jaksa Weni Julianti Situmorang SH. Jaksa menyatakan, terdakwa telah terbukti melanggar pasal 107 huruf d UU No 39/2014 tentang perkebunan.

Menurut jaksa, terdakwa ditangkap petugas yang sedang melakukan patroli, yakni saksi Andi Kurniawan dan Fernando Saragih, pada Sabtu, 11 April 2020, lalu.

Terdakwa diamankan, bersama barang bukti 6 Tandan sawit di Afd M Blok 010 C PTPN IV Kebun Padang Matinggi, Kecamatan Bosar Maligas.

Berdasarkan keterangan saksi, terdakwa membawa sawit milik kebun tanpa ijin dengan mengendarai sepeda motor Suprafit dan keranjang dikiri kanan motornya.

Perbuatan itu, dilakukan bersama Samplu dan Perdi Sihite (DPO), masing - masing mengendarai Honda Revo dan Vario yang berhasil melarikan diri.

Rencana terdakwa, hasil penjualan sawit yang diambil tanpa ijin itu akan digunakan untuk keperluannya sehari hari. Untuk menentukan nasib terdakwa dalam vonis hakim, persidangan dipimpin ketua majelis, Roziyanti, menunda persidangan hingga Senin (24/8/2020) mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan