HETANEWS.COM

Kini Israel Memiliki Dua Skuadron F-35 Siap Tempur

AIM-9X pada tiang sayap miring dan reflektor radar yang terletak tepat sebelum ekor vertikal di foto ini saat KC-10 mengisi bahan bakar F-35A di Timur Tengah pada serangan mendadak pertamanya. Foto: USAF

Hetanews.com - Israel telah menyatakan skuadron kedua dari F-35I “Adir” siap tempur. Skuadron ke-116, “Lions of the South, telah beroperasi penuh setelah periode enam bulan latihan intensif. Ini membuka jalan bagi unit untuk bergabung dengan operasi garis depan bersama unit sebelumnya, Skuadron 140, atau ” “Golden Eagle Squadron,” di Pangkalan Udara Nevatim.

Berita itu mengikuti kedatangan empat F-35I lagi di Israel pada 4 Agustus, termasuk satu pesawat pesanan untuk Pusat Uji Penerbangan domestik di Pangkalan Udara Tel Nof. Pesawat unik ini adalah pesawat uji F-35 khusus pertama di luar Amerika.

Angkatan Udara Israel mengatakan pesawat itu akan digunakan untuk uji coba dengan penekanan pada amunisi, sistem operasi canggih, dan banyak lagi.

“Pesawat ini dirancang dengan kemampuan pengumpulan sinyal dan informasi dengan peralatan khusus. Ini merupakan tonggak penting bagi IAF dan memberikan kemampuan baru untuk melakukan penerbangan uji unik dengan ‘Adir’ di masa kini dan masa depan,” kata IAF

IAF pertama kali meresmikan skuadron kedua F-35 pada 16 Januari 2020. Pada saat yang sama, nama unit ini digantidari Defenders of the South” menjadi “Lions of the South.” Didirikan pada tahun 1956, Skuadron 116 awalnya menerbangkan P-51D Mustang dan pada awalnya dikenal sebagai Skuadron “Flying Wing” .

Mustang juga terbang dengan unit IAF lainnya dan dilemparkan ke dalam aksi di Kampanye Sinai pada tahun yang sama. Ketika pertempuran dimulai pada 29 Oktober tahun itu, Mustang pertama kali melintasi perbatasan ke Mesir dengan tugas memotong kabel telepon antara Sinai dan Kairo.

Misi unik ini dilakukan dengan menggunakan kabel baja berbobot yang menjuntai dari ekor P-51. Setelah kabel Mustang putus, pilot menggunakan baling-baling dan sayap untuk menyelesaikan pekerjaan. Mustang masih terus digunakan hingga awal 1961 ketika beralih ke pesawat  jet Mystère IV.

Pada Juli 1971, Mystères terakhir ditarik digantikan oleh A-4E Skyhawks. Ketika Perang Yom Kippur meletus pada Oktober 1973, skuadron sedang dalam proses konversi dari A-4E menjadi A-4N yang lebih mumpuni.

Kedua varian menerbangkan 823 serangan operasional selama kampanye, kebanyakan dari serangan tersebut berbahaya terhadap situs pertahanan udara Mesir. Lima Skyhawk hilang dalam serangan itu.

Pada Perang Lebanon 1982, Skuadron 116 menerbangkan lebih banyak misi udara  ke darat, kali ini tanpa kehilangan satupun.  

Skyhawks tetap aktif dalam peran pelatihan mereka hingga 2002 dan pada Maret 2003 skuadron menerima pesawat tempur F-16A / B. Unit F-16 dibubarkan pada tahun 2015 sebelum diaktifkan kembali sebagai “Adir” kedua

Sumber: jejaktapak.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!