HETANEWS.COM

Mantan Manajer Valentino Rossi Ungkap Satu "Dosa" Terbesar Honda di MotoGP

Alex Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez. Foto: MotoGP

Hetanews.com - Pengamat MotoGP sekaligus mantan manajer Valentino Rossi berbicara sedikit soal nasib Honda pada MotoGP 2020. Seperti yang diketahui, Honda belum juga menujukkan tajinya pada MotoGP 2020.

Cederanya Marc Marc Marquez, dan belum matangnya para pebalap di tim pabrikan maupun satelit, membuat Honda terpuruk. Ambil contoh pada balapan seri ketiga atau MotoGP Ceko yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020).

Duo Repsol Honda, Alex Marquez dan Stefan Bradl menyelesaikan balapan di urutan belakang. Alex finis di posisi ke-15, sedangkan Bradl meraih hasil yang lebih memalukan dengan finis ke-18 alias posisi paling buncit.

Hanya Takaaki Nakagami dan Cal Crutchlow (LCR Honda) yang mendapatkan hasil lebih baik. Nakagami menyentuh garis finis ke-8, sedangkan Crutchlow selesai di urutan ke-13. Di lain pihak, pesaing Honda, seperti Yamaha dan Ducati sanggup bersaing di urutan teratas.

Yamaha menempatkan Franco Morbidelli (Petronas SRT) di podium kedua, sedangkan Ducati (Reale Avintia) di podium ketiga. Paling mengejutkan adalah KTM yang menjadi juara. Pebalap mereka, Brad Binder (Red Bull KTM Racing Factory), merebut podium pertama dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik.

Itu merupakan podium pertama bagi Binder dan KTM di kelas utama MotoGP dan membuat Pernat sedikit menyoroti Honda. Menurutnya, Honda telah melakukan "dosa" besar dengan melepas Dani Pedrosa ke KTM untuk menjadi pebalap penguji (test rider).

Pedrosa menegaskan tidak akan gantikan Zarco.
Foto: MotoGP

"Semua keraguan saya tentang KTM telah sirna," kata Pernat, seperti dilansir dari GPOne. "Hasil itu adalah bagian dari strategi Honda dan juga bos tim Alberto Puig yang melepas Dani Pedrosa untuk menjadi test rider dan membantu pengembangan Motor KTM," imbuhnya.

"KTM telah membuktikan, dan Binder tampil lebih sebagai pebalap berpengalaman, bukan pemula," ucap Pernat. Setelah MotoGP Ceko, para pebalap akan kembali ke lintasan untuk mengikuti rangkaian seri MotoGP Austria.

MotoGP Austria dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring pada 14-16 Agustus mendatang. Red Bull Ring adalah trek yang menjadi "rumah" bagi tim KTM. Para pebalap mereka melakukan test riding di sana Dengan demikian, bisa jadi Binder atau malah rekan setimnya, Pol Espargaro, meraih podium tertinggi pada MotoGP Austria.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!