HETANEWS.COM

Tiongkok Pamerkan Kisah Heroik Lawan Covid-19

Orang-orang mengunjungi pameran seni “Persatuan adalah kekuatan: Pameran seni tentang perang melawan Covid-19”, termasuk satu potret ahli paru-paru Tiongkok Zhong Nanshan berjudul “Komunis Tiongkok-Zhang Nanshan” (kanan) oleh seniman Feng Zhaoxie, tentang pertarungan terhadap virus corona di Museum Nasional Tiongkok di Beijing, Rabu (5/8/2020). Foto: AFP

Beijing, hetanews.com - Pemerintah Tiongkok memamerkan kisah heroik mereka melawan Covid-19 ke publik dalam sebuah ekshibisi bertajuk “Kesatuan dan Kekuatan” di Museum Nasional Tiongkok.

Sejumlah lukisan, patung, dan kaligrafi dipajang di museum itu. Semuanya sesuai dengan gaya realisme sosialis, sebuah gambaran yang jelas ingin menunjukkan klaim keberhasilan rezim ini menangani krisis.

Dalam pameran itu ada sebuah lukisan dengan gambar beberapa pekerja Tiongkok mengangkat tinju mereka di sebelah bendera komunis merah. Lukisan itu merupakan salah satu dari sekitar 200 karya yang digabungkan dalam satu pameran propaganda.

Pameran itu terkesan memuji, bukan terhadap Maois masa lalu, tetapi pada "perbuatan heroik" petugas medis garis terdepan yang memerangi Covid-19. Sejak adanya penyakit menular mematikan di Wuhan akhir tahun lalu, Partai Komunis Tiongkok (PKT) terus berusaha mengklaim dirinya sebagai pelopor dalam perang melawan Covid-19.

Di luar Tiongkok, Beijing telah menjadi sasaran kritik negara-negara Barat atas tuduhan bahwa mereka menutupi saat wabah muncul, membungkam pelapor awal, termasuk membungkam Dr Li Wenliang, yang memberi peringatan kepada rekan-rekannya tentang virus itu pada akhir Desember, tetapi malah ditegur oleh otoritas setempat.

Namun, di dalam negeri, mesin propaganda PKT terus menggaungkan narasi positif. Tiongkok melaporkan angka kasus Covid-19 sebanyak 85.000 kasus dan hanya 4.600 kasus kematian, jumlahnya hanya sebagian kecil dari total kasus global yang mencapai 20,2 juta kasus. Saat ini Tiongkok menyatakan telah mampu mengontrol penyebaran virus.

Sumber: channelnewsasia.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!