Simalungun, hetanews.com - Pengadilan Negeri (PN) Simalungun Kelas I B, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Pematangsiantar, tentang layanan pengelolaan rekening pemerintah dan panjar perkara, secara elektronik, di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Simalungun, Rabu (12/8/2020).

Ketua Pengadilan Negeri Simalungun, Abdul Hadi Nasution SH MH, didampingi Panitera, Robin Nainggolan SH MH dan Sekretaris, Citra Andriyani Harahap SE mengatakan, sesuai kerjasama di tingkat Mahkamah Agung (MA) dengan berbagai Bank, ada 4 Bank kerjasama untuk pengelolaan panjar biaya perkara dan pengelolaan keuangan pihak lainnya.

"Kami boleh memilih salah satu dari 4 Bank yang ditentukan, dan pada hari ini kami menjalin kerjasama dengan Bank BTN Cabang Pematangsiantar untuk pengelolaan panjar biaya perkara sesuai dengan petunjuk dari MA," kata Hadi.

Lebih lanjut, dijelaskan Hadi, "Intinya, bagi kami ini akan bermanfaat untuk pelayanan pengelolaan keuangan nantinya. Misalanya, panjar pembayaran biaya perkara, bisa langsung menggunakan fasilitas Bank yang semakin modern. Demikian juga dalam membuat laporan-laporan keuangan, kami bisa mendapatkan akses yang lebih cepat dan mudah," ungkapnya.

Selain itu, kami juga diberikan kemudahan untuk mengakses neraca perkembangan dari laporan keuangan perkara di Pengadilan Negeri Simalungun. Intinya, dengan kerjasama ini, pengguna layanan Pengadilan Negeri Simalungun mendapat kemudahan dari sebelumnya, yang selama ini bekerjasama dengan BRI, katanya.

Penandatanganan nota kesepahaman ini, dilakukan oleh Sekretaris PN Simalungun, Citra Andriani Harahap SE dan Kepala Cabang Bank Tabungan Negara, Hadeli, disaksikan KPN Andil Hadi dan panitera, Robin Nainggolan SH.

Sementara, Kepala Cabang BTN, Hadeli seusai penandatanganan MoU menyampaikan, kesepakatan tersebut, merupakan tindaklanjut BTN di Cabang-cabang pasca menjalin MoU dengan MA. "Di wilayah kami yang sudah menjalin kerjasama antara lain, PN Kisaran, PN Balige dan PN Simalungun," ujarnya.

Menurut Hadeli, di masa yang akan datang,  jasa layanan perbankan harus memberikan kontribusi kepada pemerintah.

Dengan teknologi yang baru untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. "Dengan adanya perjanjian kerjasama ini, akan mempermudah orang-orang yang mempunyai urusan terhadap layanan jasa perbankan yang berurusan dengan Pengadilan Negeri, kita akan selalu hadir," jelasnya.