Medan , hetanews.com - Hendri Purba, Kepala Desa Tanjung Purba, Kecamatan Purba, Kabupaten Deli Serdang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh polisi.

Hendri Purba ditangkap setelah memeras korban yang juga bawahannya yang berinisial LI senilai Rp 5 juta.

Wakasatreskrim Polresta Deli Serdang, AKP Alexander Piliang, menjelaskan, penangkapan kepala desa bermula dari laporan LI yang menjabat Kepala Urusan Pemerintahan Desa.

LI diminta menyerahkan uang senilai Rp 5 juta kepada Hendri Purba. Apabila permintaan tak disanggupi, LI akan diberhentikan dari jabatanya.

“Sekitar pukul 12.00 WIB korban LI menyerahkan uang sebesar Rp 5 juta kepada Kades Desa Tanjung  Purba  yang beralamat di Dusun III Damak Rambe, Desa Tanjung Purba,”ujar Alexander, Rabu (12/8/2020)

Usai menyerahkan uang kepada pelaku, selanjutnya, anggota Polresta Deli Serdang menangkap Hendri Purba. Barang bukti uang tunai  sebesar Rp 5 juta diamankan.  

“Selain itu, juga diamankan 1 lembar Surat Keputusan Kepala Desa Tanjung Purba Kecamatan Bangun Purba Nomor: 10 Tahun 2020  Tanggal 15 Juli 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat Desa atas nama LI,” jelasnya.

Dari penyelidikan sementara, kata Alexander ternyata tersangka sudah melakukan aksinya lebih dari sekali. Hal itu berdasarkan keterangan pegawai lainnya, yang sudah diperiksa polisi. Hendri sendiri sudah 2 periode menjabat sebagai kepala desa.

“Ini bukan yang pertama kali dan ini sedang didalami penyelidikanya di unit tipikor,” tuturnya.

Saat ini Hendri, beserta barang bukti ke Kantor Polresta Deli Serdang untuk dilakukan proses pemeriksaan dan permintaan keterangan sesuai dengan hukum yang berlaku.