Simalungun, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Simalungun, menggelar  sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, di Hotel Sing A Song, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (11/8/2020).

Kegiatan itu, tampak dihadiri Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo, Ketua Bawaslu Simalungun, M Choir Nazlan Nasution, Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani, Kajari Simalungun, Gloria Sinuhaji, dan Bupati Simalungun yang diwakili Asisten I, Ir. Topot Saragih.

Ketua Bawaslu, M Choir Nazlan Nasution berharap agar masing – masing  dapat menjaga situasi, menjelang pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati agar tetap kondusif.

"Bawaslu Simalungun siap mengawasi pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun dan mari kita hindari isu SARA, maupun money politik,"katanya.

Sementara, Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo dalam kata sambutannya menyampaikan, dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Polres Simalungun akan bertanggung jawab atas situasi Kamtibmas.

"Mari kita saling bekerjasama, saling menghormati untuk mensukseskan seluruh tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun agar berlangsung aman dan kondusif. Polres Simalungun juga siap mengamankan setiap tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati," ucap Kapolres.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani, agar menyampingkan permasalahan SARA.

"Sehingga pemilukada nanti dapat melahirkan pemimpin yang diinginkan oleh masyarakat Kabupaten Simalungun. Dan KPU Simalungun harus mampu menyelenggarakan setiap tahapan, walaupun dalam pandemi Covid-19," ujarnya.

Dan Ketua KPU Kabupaten Simalungun, Raja Ahab Damanik menyatakan, sosialisasi ini adalah bagian tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun.

"Tujuan acara ini, agar masyarakat Kabupaten Simalungun mengetahui setiap tahapan, jadwal dan program pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun. Bahwa sebelumnya, tahapan Pemilukada sempat terhenti karena Covid - 19, namun mulai tanggal 15 Juni 2020, tahapan dilanjutkan kembali," pungkasnya.

Saat ini, masih dilakukan verifikasi faktual untuk bakal calon dari perseorangan. Dan untuk pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, jelasnya Raja Ahab Damanik, sambil membuka sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun.

Hal senada juga dikatakan Bupati Simalungun yang diwakili oleh Asisten I, Ir. Topot Saragih, dengan mengajak masyarakat untuk mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

"Semoga KPU Kabupaten Simalungun dapat menyelenggarakan setiap tahapan Pemilukada di Kabupaten Simalungun," akhirnya.