HETANEWS.COM

Pemkab Sergai Dukung Aqafarm Beroperasi Dengan Tetap Melaksanakan Protokol Kesehatan

Foto : Situasi pertemuan antara Pihak PT Aquaparm Nusantara , Kadis Kesehatan Dan Kadis Tenaga Kerja di ruang Rapat Dinas Kesehatan.

Sergai, hetanews.com - PT Aqua Farm Nusantara menghadiri rapat dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Ketenagakerjaan Sergai dan menerima hasil lengkap tes konfirmasi Program Tes COVID-19 sukarela kedua yang dilaksanakan pada 29 - 30 Juli 2020 yang melibatkan  2200 karyawan dan masyarakat sekitar lokasi fasilitas produksi perusahaan di Lubuk Naga.

Perusahaan terus bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas COVID-19 .

" Kami tentu saja prihatin atas rekan karyawan dengan hasil tes positif pada tes Polymerase Chain Reaction (PCR).” Ujar Kasan Mulyono, Corporate & Communications Affairs Senior Manager PT Aquaparm, Senin (10/8/2020) .

Perusahaan sejauh ini merasa tenang karena selama menjalani karantina 10 hari sambil menunggu hasil, tidak didapati ada karyawan yang menunjukkan gejala COVID-19 dengan demikian mereka sejauh ini asimtomatik (Orang Tanpa Gejala – OTG).

Perusahaan terus memberikan dukungan yang diperlukan oleh karyawan dan keluarga  mereka serta menghubungi mereka setiap hari. Kami menyampaikan harapan terbaik kami dan doa kami agar para karyawan tersebut bisa terus tetap sehat. 

PT Aqua Farm Nusantara telah mengaktifkan upaya penelusuran kontak sejak pekan lalu dan bekerja dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas dalam pelaksanaannya. 

PT Aqua Farm Nusantara sepenuhnya memenuhi Protokol COVID-19 Kementerian Kesehatan dan memusatkan perhatian pada mempertahankan standar ini di tempat kerja dan memastikan penerapan penuh 100% dengan penuh keterbukaan. Ungkap Kasan Mulyono.

Kepala Dinas Kesehatan Sergai , dr Bulan Simanungkalit usai melakukan rapat dengan managemen PT Aquafarm, Dinas Tenaga Kerja di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai di Sei Rampah, mengatakan pihaknya mendukung PT Aquafarm Nusantara tetap beroperasi selama pandemi Covid-19.

Asalkan perusahaan ekspor ikan tipaia ini menjalankan protokol kesehatan secara maksimal.ungkapnya

Ia menjelaskan, dilaksanakannya rapid test massal terhadap seluruh karyawan dan masyarakat sekitar pabrik adalah bentuk upaya dilakukan PT Aquafarm untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Upaya yang telah dilakukan menjadi pertimbangan Dinas Kesehatan Serdang Bedagai dalam mengambil keputusan untuk menutup sementara atau mengizinkan pihak PT Aquafarm tetap beroperasi.

Selain itu keputusan ini berdasar pertimbangan pada aspek perekonomian masyarakat sekitar dan karyawannya, tambah dr Bulan.

Ditempat terpisah, Kadisnaker Sergai , H.Aziz Siregar, mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan pertemuan dalam  membahas tentang Covid-19 di perusahaan PT Aquafarm terkait permasalahan Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai.

Salah satu hasil pertemuan agar pihak Aquafarm melakukan rapid test massal, kata Azis .

Kepada PT Aquafarm agar tidak mengurangi tenaga kerja dengan melakukan PHK sepihak terkait dilakukannya protokol kesehatan dengan mengurangi jumlah karyawan dibeberapa lokasi tempat pengolahan ikan.

Namun pihak Aquafarm tetap memperkerjakan karyawan dengan cara aplusan sehingga seluruh karyawan tetap bekerja.harap Azis.

Penulis: sutrisno. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan