HETANEWS.COM

Biasa di Daerah Tropis, Bagaimana Negara Empat Musim Menanam Padi?

Ilustrasi tumbuhan padi. Foto: Pixabay

Hetanews.com - Di Indonesua, nasi adalah makanan pokok dan menjadi sumber karbohidrat. Padi yang nanti menghasilkan beras mudah tumbuh di Indonesia karena padi memang tumbuh di tempat hangat dan basah.

Meski begitu, ternyata di negara empat musim seperti Amerika Serikat juga menumbuhkan padi. Bagaimana bisa padi tumbuh di tempat dingin?

Cara Menumbuhkan Padi

Secara tradisional, padi tumbuh di tempat dengan iklim yang selalu hangat dan berair. Karena itulah tiap kita melihat sawah yang masih hijau pasti ada banyak air yang menggenang di atas tanahnya.

Nah, padi itu sendiri memiliki punya beberapa tahap sebelum siap dipanen. Seiring tumbuh, padi akan melewati beberapa fase pertumbuhan yang disebut sebagai stadia.

Stadia masak penuh adalah saat yang paling pas untuk panen karena sudah mulai mengering namun gabahnya belum rontok. Pada stadia ini, gabah akan berwarna kuning keemasan dan padinya mulai runduk ke bawah.

Gabah adalah butiran beras yang masih belum dibersihkan dari tangkai dan kulitnya. Biasanya panen akan dilakukan setelah 135 hingga 145 hari setelah ditanam.

Kelembapan dan kadar air gabah yang hendak dipanen harus setidaknya sekitar 22-26% tergantung musim. Ini berarti gabah yang baik tidak boleh terlalu kering ataupun terlalu lembap. Panen dilakukan dengan cara memotong padi yang siap panen menggunakan mesin potong ataupun arit.

Bagaimana dengan Negara Empat Musim?

Sebenarnya di semua negara bisa menanam padi, asalkan ada setidaknya suhu hangat selama tiga bulan berturut-turut. Ini berarti hanya daerah yang dekat dengan ekuator saja yang dapat menanam dan memanen padi dalam jumlah banyak.

Karena musim panas negara yang dengan Kutub Utara terlalu singkat, negara seperti Kanada dan Rusia tidak akan bisa menanam padi. Sedangkan di negara empat musim lainnya seperti Amerika Serikat dan Jepang, mereka bisa memanen padi setidaknya satu kali setahun.

Panen di Indonesia, Vietnam, dan negara penghasil padi terbesar lainnya bisa panen hingga dua kali setahun! Tidak heran, ya, kalau hanya negara yang punya dua musim menjadi produsen utama padi.

Sumber: bobo.grid.id

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!