HETANEWS.COM

Soal Dana BOS Untuk Beli Paket Internet, Sekolah Bingung Karena Tak Ada Juknis

Ilustrasi belajar daring. (Int)

Siantar, hetanews.com – Di Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020, disebutkan, selama masa pandemi Covid – 19, sekolah dapat menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler untuk membeli paket internet bagi guru dan para pelajar.

Tepatnya, hal itu diatur dalam pasal 9 ayat (2) huruf g yang menegaskan dana BOS dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, dan/atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan/atau peserta didik, dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah.

Namun di Kota Siantar sendiri, para orangtua siswa masih mengeluhkan tidak adanya bantuan dari Pemerintah Kota maupun dari pihak Sekolah, dalam hal pengadaan paket internet tersebut, kepada siswa.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Siantar,  Rosmayana mengatakan, kalau juknisnya belum sampai kepada pihaknya. Di Permendikbud itukan tidak dijelaskan kriteria siswa yang mendapatkannya, ujarnya, Senin (10/8/2020).

Jadi dengan tidak adanya juknis yang jelas dari Permendikbud itu, membuat para Kepala Sekolah, menjadi bingung dan tidak berani melaksanakannya, kata Rosmayana.

“Saat ini para Kepala Sekolah masih bingung dengan tidak adanya juknis yang jelas. Seperti, tidak adanya kreteria siswa yang mendapatkan bantuan dan juga besaran bantuan yang diberikan per siswa dari dana BOS,”jelasnya.

Ditegaskannya, Kepala Sekolah tidak berani pasang badan untuk mengambil tindakan. Karena yang ditakutkan pada saat pertanggung jawaban keuangan atau pemeriksaan dana BOS oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ujarnya.

Kalau kita sebatas menyarankan untuk membeli paket data. Karena saya juga tidak berani bilang karena balik lagi, saat diperiksa BPK, tidak ada sama saya juknisnya yang lengkap dan saya bakalan susah mempertanggungjawabkannya, ungkapnya lagi.

Menurutnya, seharusnya pak Menteri membuat peraturan yang jelas. Karena para yang di bawah ini nantinya jadi susah, tandasnya.

Penulis: leonardo. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!