HETANEWS.COM

Camat, Anggota DPRD dan Kapolsek Tinjau Pembuangan Limbah Perusahaan Sedap Jaya

Camat Gunung Maligas, Anggota DPRD Simalungun dan Kapolsek Bangun saat melihat langsung pembuangan limbah Perusahaan Sedap Jaya. (foto/leo)

Simalungun, hetanews.com – Menanggapi permintaan masyarakat Karang Rejo, Camat Gunung Maligas, Jurist Saragih, langsung turun meninjau pembuangan limbah perusahaan Sedap Jaya yang berlokasi di jalan Wakaf, Nagori Karang Rejo, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun.

Kunjungan itu, juga tampak dihadiri Forum Daerah Usaha Kecil Menengah (Forda UKM) Siantar – Simalungun, Hindra Umas, selaku ketua, sekretaris, Suryadi Winata dan bendahara, Erwin Chanaka.

Dan tak luput, Suryawan, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Simalungun, Kapolsek Bangun, AKP LS Gultom, Amir dari Babinkamtibmas, Budiman dari Babinsa, dan Kepala Desa.

Amatan hetanews, Senin (10/8/2020), pemilik perusahaan Sedap Jaya, Hindrawan, membawa rombongan mengelilingi pabrik dan juga mengecek tempat pembuangan limbah.

Camat Gunung Maligas, Anggota DPRD Simalungun dan Kapolsek Bangun saat meninjau Perusahaan Sedap Jaya. (foto/leo)

"Secara kasat mata, limbah airnya bersih dan debitnya juga sedikit. Serta tidak ada bau yang menyengat," ujar Camat Gunung Maligas, Jurist Saragih.

Memang kalau dari sisi aroma itu ada, namun aromanya masih dari bahan makanan, katanya.

Kalau masalah beracun atau tidaknya, lanjutnya, pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang lebih mengetahuinya. Karena kalau dilihat kasat mata, limbah air itu bersih dan jumlah digitnya sedikit, katanya lagi.

"Walaupun begitu, kita menyarankan kepada pihak pengusaha agar mengundang BLH untuk mengambil sample, agar memeriksanya ke laboratorium. Apakah limbahnya berbahaya atau tidak," terangnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Simalungun, Suryawan mengatakan, kehadiran mereka untuk merespon keluhan dari masyarakat.

"Ini bentuk respon kami kepada masyarakat. Kalaupun ada kekurangan, mari kita perbaiki. Terkait limbah, ada prosedur-prosedur pembuangan limbah. Makanya, kita menghimbau kepada pihak pengusaha agar dibuatkan," ujarnya.

Dengan kehadiran perusahaan ini, diharapkan saling menguntungkan, antara pengusaha dan juga masyarakat, ujarnya.

"Dan kalau ada nantinya membutuhkan tenaga kerja, sebaiknya diutamakan masyarakat sekitar,"pesannya.

Pemilik perusahaan Sedap Jaya, Hindrawan, mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan masukan yang telah diberikan. Kedepannya akan lebih diperhatikan lagi, katanya.

"Kita mengucapkan terimakasih dan masukan-masukan yang diberikan kepada kita, kedepannya akan kita laksanakan," tutup Hindrawan.

Penulis: leonardo. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan