HETANEWS.COM

1.500 Masker Dibagikan kepada Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung

Pascaerupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, empat kecamatan terdampak abu vulkanis,

Karo, hetanews.com- Sedikitnya 1.500 masker dibagikan kepada masyarakat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Bantuan masker ini untuk menghindari pengaruh buruk abu vulkanis Gunung Sinabung yang meletus pada Sabtu (8/8/2020) dini hari.

"Masker ini kami bagikan kepada pengendara motor, pengemudi mobil dan warga masyarakat yang beraktivitas di luar rumah," ujar Pelaksana tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Perangin-angin, Sabtu (8/8/2020).

Pemberian masker kepada warga terdampak letusan Gunung Sinabung, sekaligus juga untuk mencegah penularan Covid-19.

"Warga di Karo diharuskan menggunakan masker penutup mulut dan bagian hidung agar terhindar dari penyakit," katanya.

Natanail mengungkapkan, pemakaian masker tersebut merupakan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah dan masyarakat harus mematuhinya.

"Setiap warga yang keluar dari rumah diharuskan menggunakan masker serta mematuhi protokol kesehatan," ucapnya.

Diketahui, Gunung Sinabung berada pada status level III (Siaga). Gunung api aktif ini erupsi pada Sabtu (8/8/2020) pukul 01.58 WIB. Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas sedang dan tebal bergerak condong ke arah timur.

Letusan ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 1 jam 44 detik. Sementara wilayah yang terkena dampak letusan yakni Kecamatan Naman Teran, Berastagi, Simpang 4 dan Kecamatan Merdeka.

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!