HETANEWS.COM

Pemkot Surabaya Bikin Siaran Pendidikan untuk Siswa SD dan SMP

Pemkot Surabaya Bikin Siaran Pendidikan untuk Siswa

Surabaya, hetanewa.com - Kegiatan belajar dari rumah melahirkan banyak cara inovatif. Dinas pendidikan Pemkot Surabaya menggaet stasiun TV untuk siaran pendidikan.

Dinas Pendidikan (Dinpendik) Kota Surabaya menggandeng TV lokal untuk memfasilitasi akses literasi belajar dari rumah yang dapat dimanfaatkan gratis oleh pelajar SD dan SMP. Kadispendik Surabaya Supomo mengatakan, saat pandemi COVID-19, terus berupaya meningkatkan kualitas belajar dari rumah.

"Walaupun di dalam suasana yang sangat terbatas, kualitas (pembelajaran) ini diperlukan agar anak-anak kita semakin pintar. Kerja sama bersama televisi itu adalah varian pilihan dengan harapan semua anak-anak Surabaya bisa belajar dengan mudah," kata Supomo, Kamis (6/8/2020) lalu.

Belajar lewat siaran TV ini nantinya para pengajar diisi oleh para guru berdasarkan mata pelajarannya dari sekolah di Surabaya. Jadwal mata pelajarannya juga telah diatur sedemikian rupa.

"Ada guru dari sekolah negeri, ada dari swasta, bergantian jadwalnya. Realisasinya baru mulai Senin (3/8) kemarin," ujarnya.

Namun, jika nantinya wabah COVID-19 sudah hilang dan sistem pembelajaran melalui televisi ini masih diminati siswa, maka tidak dimungkinkan akses belajar melalui TV akan diteruskan.

"Misal COVID-19 sudah hilang, kalau pembelajaran itu masih diminati kenapa tidak? Karena anak-anak ada yang kesulitan kalau hanya dengan belajar online, terus karena ada kebosanan sehingga kita cari variasi, mudah-mudahan mereka semangat belajar," jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (Kabid GTK) Dispendik Surabaya, Mamik Suparmi menjelaskan, bahwa telah menggandeng dua stasiun TV lokal dalam menyediakan akses literasi belajar. Yakni TV-9 bagi siswa jenjang SMP dan SBO TV untuk siswa SD.

"Antusiasnya luar biasa. Saat interaktif, banyak sekali yang telepon, anak-anak sangat antusias," kata Mamik.

Sebelum mengakhiri pembelajaran, guru akan memberikan layanan tanya jawab interaktif bagi siswa. Pelajar dapat mengajukan pertanyaan kepada pengajar melalui telepon interaktif.

Selain itu, sebelum menutup pembelajaran, guru akan memberikan tugas kepada siswa dan dikumpulkan pekan depannya. "Untuk mengetahui apakah indikator pembelajaran hari ini sudah tercapai apa belum. Sedangkan siswa secara interaktif menjawab pertanyaan guru melalui telepon interaktif. Ini yang disebut penilaian formatif," ujarnya.

Ketika belajar dari rumah lewat TV, dimulai dari salam pembuka, motivasi dan persepsi, materi inti, serta tanya jawab atau penilaian formatif. Kemudian, tahapan selanjutnya adalah penutup yang terdiri dari kesimpulan atau rangkuman singkat pembelajaran hari ini.

"Selanjutnya adalah penugasan untuk pertemuan berikutnya dan salam penutup," pungkasnya.

sunber: detik.com

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!