HETANEWS.COM

Susun Strategi, Para Siluman Amerika Bergabung

Sebuah pesawat tempur Lockheed Martin F-22 Raptor berbelok saat mengudara di Royal International Air Tattoo di Fairford, Inggris, pada tanggal 8 Juli 2016. Pesawat tempur papan atas tersebut dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Foto: Reuters/Peter Nicholis

Hetanews.com - Angkatan Udara Amerika telah mengungkapkan latihan besar baru-baru ini yang melibatkan berbagai macam pesawat siluman yang berbeda. Pesawat yang terlibat termasuk F-35A Joint Strike Fighters, F-22 Raptor, dan pembom siluman B-2A Spirit.

Selain itu latihan juga melibatkan setidaknya satu drone siluman RQ-170 Sentinel. Latihan tersebut difokuskan pada penetrasi diam-diam ke area yang dilindungi untuk menindas dan menghancurkan pertahanan udara musuh.

Kelompok Tes dan Evaluasi ke-53, bagian dari Wing ke-53 di Pangkalan Angkatan Udara Nellis di Nevada, memimpin apa yang disebut Large Force Test Event (LFTE) yang memakan biaya sekitar US$ 1,4 juta.

Latihan tersebut berlangsung dari 4 Agustus hingga 6 Agustus 2020 dan merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan solusi untuk sejumlah rencana peningkatan taktik yang telah diidentifikasi oleh Angkatan Udara sebagai masalah prioritas.

Selain platform siluman, jet tempur F-15E Strike Eagle dari Angkatan Udara dan pesawat perang elektronik EA-18G Growler Angkatan Laut Amerika juga berpartisipasi dalam latihan.

Angkatan Udara Amerika dalam pernyataanya sebagaimana dikutip War Zone 6 Agustus 2020 mengatakan campuran pesawat ini menawarkan kombinasi unik dari platform yang memaksimalkan pengembangan dan evaluasi kemampuan yang relevan dengan pertempuran.

Menurut Angkatan Udara, latihan tersebut dipusatkan pada eksplorasi taktik, teknik, dan prosedur untuk menangani empat bidang utama. Yang pertama adalah penggunaan pesawat tempur siluman untuk menindas penindasan pertahanan udara musuh dalam mendukung operasi B-2A.

Bidang yang kedua adalah taktik masuk rendah diamati tingkat lanjut, ketiga kerjasama pesawat generasi keempat dan kelima serta yang keempat adalah efektivitas taktik, teknik, dan prosedur serangan elektronik antara pesawat generasi keempat dan kelima.

Latihan ini terutama difokuskan untuk mendemonstrasikan efektivitas platform rendah diamati terhadap ancaman tingkat lanjut.

Akan semakin penting bagi Angkatan Udara, serta Angkatan Laut dan Marinir, untuk berlatih bersama tentang cara mengalahkan atau mengurangi ancaman dari sistem pertahanan udara musuh yang terus meningkat dan jaringan sensor yang mendukung mereka.

Ada risiko nyata bahkan untuk platform siluman kelas atas memerlukan pendekatan berlapis, termasuk serangan kinetik dan non-kinetik, serta taktik lain untuk menyusup dengan aman ke gelembung pertahanan udara musuh.

Simulasi dan eksperimen terbatas dapat membantu mengevaluasi komponen-komponen tertentu dari keseluruhan ekosistem ini, tetapi latihan skala besar masih sangat berharga untuk mendapatkan pemahaman yang benar tentang bagaimana semua bagian itu cocok atau tidak cocok satu sama lain dan penyesuaian dan perkembangan apa yang mungkin diperlukan.

“Investasi dan kepercayaan dalam tim kami memungkinkan Wing 53 untuk mengevaluasi interoperabilitas kemampuan terdepan dan mengembangkan TTP yang pada akhirnya akan memperkuat dominasi udara bangsa kita,” Kolonel Angkatan Udara Bill Creeden, kepala Kelompok Pengujian dan Evaluasi ke-53, kata dalam sebuah pernyataan.

Namun sejauh ini tidak diketahui persis peran apa yang dimainkan RQ-170 dalam latihan khusus ini. Meskipun ada eksperimen di masa lalu yang melibatkan drone untuk melakukan misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian untuk mendukung langsung pihak lain.

Sumber: jejaktapak.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!