HETANEWS.COM

Hati-Hati, Pelanggar Protokol Kesehatan Bisa Dipidana

Perempuan mengenakan masker di Stasiun Sudirman Indonesia. Foto: Reuters

Hetanews.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid) 2019.

Pihak yang mengabaikan rambu-rambu kesehatan, melawan petugas saat diingatkan atau abai setelah mendapatkan sosialisasi, pendekatan kekeluargaan hingga sanksi administrasi maka terancam pidana.

Meski demikian, ia mengatakan penegakan protokol kesehatan tidak akan langsung loncat dengan memberikan sanksi pidana terhadap pelanggar.

Hukuman paling keras itu akan diambil ketika tidak mempan diberikan pemahanan atau sosialisasi mengenai pentingnya protokol kesehatan, pendekatan kekeluargaan, sanksi adminsitrasi juga denda.

Mengenai penerapan sanksi dan tahapannya ini, Mahfud mengaku baru akan dirumuskan pekan depan melalui rapat koordinasi dengan pimpinan kementerian, lembaga dan seluruh kepala daerah.

"Pekan depan, Senin, saya akan mengumpulkan menteri terkait dan kepala daerah untuk bicara tahapan ini bagaimana aturannya, siapa yang melaksanakannya, bagaimana melaksanakannya sampai bagaimana penegakan hukumnya," tuturnya Penerapan sanksi protokol kesehatan akan disesuaikan dengan kondisi dan tingkat penyebaran covid-19 di masing-masing daerah.

"Tentu itu dibuat bervariasi dengan tingkat atau zona masing-masing apakah zona merah, hijau, kuning, tentu diatur berbeda-beda," pungkasnya.

Sumber: mediaindonesia.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!