HETANEWS.COM

Kumbh Mela, Tradisi Berendam di Sungai Suci yang Dilakukan Umat Hindu

Doa pagi di sepanjang Sungai Gangga, Varanasi, India. Foto: © Jedraszak/iStock

Hetanews.com - Kumbh Mela, merupakan festival keagamaan umat Hindu yang dirayakan empat kali dalam kurun waktu 12 tahun. Tahun ini, kurang lebih 55 juta umat Hindu telah membenamkan dirinya di tiga sungai (Gangga, Yamuna, dan Saraswati) yang ada di wilayah Allahabad, India Utara.

Tradisi "berendam" berlangsung selama sebulan lebih dan terdiri dari enam tahapan, Makar Sankranti, Paush Purnima, Mauni Amavasya, Basant Panchami, Maghi Purnima, dan Mahashivrati. Berikut penjelasannya:

Makar Sankranti

Ketika matahari memasuki posisi astronomis sesuai kalender Hindu, tahap ini pun dimulai. Makar Sankranti juga merupakan awal pemberian sumbangan sukarela dari orang-orang yang datang saat Kumbh Mela. Tahun ini Makar Sankranti berlangsung pada tanggal 15 Januari.

Paush Purnima

Paush Purnima adalah proses menuju bulan purnama, terjadi pada hari ke-15 di bulan "Shukla Paksh" dalam kalender Hindu. Di saat yang sama, Paush Purnima menjadi awal dimulainya Kalpvasa (masa ratapan/penebusan dosa). Tahun ini berlangsung pada tanggal 21 Januari.

Mauni Amavasya

Pada tahap ini, warga India biasanya berendam di sungai suci. Untuk 2109, Mauni Amavasya berlangsung pada 4 Februari.

Basant Panchami

Basant Panchami menandai terjadinya pergantian musim dan waktu ketika dewi Saraswati datang. Orang-orang yang melaksanakan Kalpvasa akan mengenakan pakaian berwarna kuning guna memperingati Basant Panchami. Basant Panchami akan berlangsung di tanggal 10 Februari.

Maghi Purnima

Dikenal sebagai pertanda ketika dewa Gandharva mengembara dari surga menuju Sangam (bagian dari sungai Gangga), banyak orang di sana percaya bahwa pada hari ini, mereka akan dibimbing menuju surga dengan bentuk manusia mereka. Maghi Purnima akan berlangsung pada 19 Februari.

Mahashivratri

Mhashivratri merupakan hari terakhir dari bagian tradisi berendam suci. Menurut mitologi yang beredar, ini adalah saat dimana dewa Siwa menunggu (orang yang telah melaksanakan rendaman suci) di surga. Tradisi berendam akan berakhir tanggal 4 Maret.

Selain Prayagraj (sebutan lain dari Allahabad), terdapat tiga lokasi perayaan Kumbh Mela lainnya. Pertama di sungai Gangga, di wilayah Haridwar.

Tempat kedua adalah sungai Shipra di Ujjain, dan yang terakhir adalah sungai Godavari di Nashik. Masih banyak juga ritual-ritual Kumbh Mela lainnya seperti Aarti, Snan, Kalpavas, Deep Daan, dan Triveni Sangam.

Sumber: nationalgeographic.grid.id

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!