HETANEWS.COM

Tepis PD, Gerindra Sumut: Dukungan Prabowo Kunci Kemenangan Bobby di Medan

Prabowo Subianto Bertemu Bobby Nasution. Foto: dok. Istimewa

Medan, hetanews.com - Partai Demokrat (PD) meragukan dukungan Gerindra dan PAN bisa membuat Bobby Nasution meraih hasil berbeda dari mertuanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam pemilihan umum di wilayah Medan. Keraguan PD itu ditepis oleh Gerindra.

"Kita sangat optimistis dukungan Gerindra ke Bobby Nasution itu menjadi kunci kemenangan Bobby Nasution di Pilkada Kota Medan," kata Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut Sugiat Santoso kepada wartawan, Jumat (7/8/2020).

"Gerindra dan Prabowo adalah kunci kemenangan Bobby Nasution pada Pilkada Medan 2020," sambungnya.

Sebagai informasi, Ketum Gerindra Prabowo Subianto memang meraih kemenangan di Medan saat Pilpres 2019. Pasangan Prabowo-Sandiaga meraih 645.209 suara, sementara Jokowi Ma'ruf mendapat 542.221 suara.

Pasangan yang diusung Gerindra juga menang dalam Pilgub Sumut 2018. Saat itu, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck), yang salah satunya diusung Gerindra, meraih kemenangan di Medan.

Pasangan ini mendapat 551.641 suara, sementara lawannya Djarot-Sihar mendapat 357.377 suara. Kembali ke Sugiat, dia mengatakan peta politik saat Pilgub Sumut 2018 dan Pilpres 2019 tak bisa menjadi acuan dalam mengukur potensi kemenangan Bobby di Pilkada Medan 2020. Alasannya, Gerindra kini mendukung Bobby.

"Tidak bisa disamakan pertarungan Bobby Nasution pada Pilkada 2020 itu petanya sama persis dengan pilpres kemarin atau pada pilgub kemarin karena Gerindra-nya sebagai aktor utama dari pertarungan sebelumnya saat ini mendukung Bobby," tuturnya.

Dia mengatakan mesin politik Gerindra yang bekerja saat pemenangan pasangan Edy-Ijeck dan Prabowo-Sandiaga di Medan bakal dikerahkan untuk memenangkan Bobby-Aulia Rachman pada Pilkada 2020. Menurutnya, kader Gerindra bakal mematuhi perintah pemenangan pilkada dari Prabowo.

"Seluruh jaringan yang ketika Pileg kemarin, pilgubsu, pilpres kemarin di bawah kendali infrastruktur Gerindra akan ditotalkan untuk memenangkan Bobby," ujar Sugiat.

Sebelumnya, Ketua DPC Demokrat Kota Medan Burhanuddin Sitepu meragukan efek dukungan Gerindra hingga PAN kepada Bobby di Pilkada Medan. Dia menilai pilkada merupakan pertarungan sosok calon yang diusung.

"Kalau buat saya, fungsinya partai itu hanya mengantarkan para kandidat untuk memenuhi kuota, ya kan. Kalau buat saya, sebesar apa pun, sejumlah berapa pun kursi, itu buat saya itu sama saja," kata Burhanuddin.

"Kalau kita lihat itu jadi barometer juga nggak begitu. Tetapi ini kan sudah pernah, di Medan itu auranya Pak Jokowi, melalui itu juga, dukungan parpol besar, ternyata Jokowi kalah juga di Medan," sambungnya.

Bobby saat ini telah mengantongi dukungan dari NasDem, Golkar, PAN dan Gerindra. Keempat partai itu total memiliki 24 kursi di DPRD Medan. Artinya, bakal paslon Bobby-Aulia telah memenuhi syarat minimal dukungan dari parpol yang memiliki kursi di DPRD, yakni 10 kursi.

Sumber: detik.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan