HETANEWS.COM

Seorang Warga Sumut Terancam Hukuman Mati di Penang

Ilustrasi hukuman mati. Foto: Istimewa

Hetanews.com - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumatera Utara terancam mendapat hukuman mati di Penang, Malaysia karena diduga telah membunuh majikannya yang tidak membayar upahnya secara penuh.

Kabar itu diketahui setelah Wasekjend Partai Demokrat, Jansen Sitindaon membagikan informasi tersebut melalui akun Twitternya.

"Kepada pemerintah RI pak @jokowi @menlu_RI dll mohon perhatian lebihnya. Mana tahu jalan 'diplomasi' bisa menyelamatkan nyawanya," cuit Jansen pada Selasa (4/8).

Dalam utasnya, Jansen mengatakan bahwa TKI asal Sumatera Utara bernama Jonathan yang berasal dari Siantar terancam hukuman mati. Jonathan selama ini bekerja di pabrik pengawetan daging di Kampung Selamat, Penang.  

Dia pekerja yang rajin, berkelakuan baik. Hal itu bisa dibuktikan dia sempat pulang ke Siantar pada 2018 lalu, lalu kembali ke Malaysia dan diterima kembali kerja di pabrik tersebut.

Kejadian ini berawal Pada 19 Desember 2018 lalu, Jonathan meminta gaji kepada majikannya bernama Sia Seok Nee karena dia ingin pulang kampung ke Siantar untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. 

Saat itu, Jonathan meminta upahnya dibayar penuh untuk masa kerja setahun sesuai dengan perjanjian diawal masuk kerja. Namun bukan upah yang diterima, majikannya malah menghina dan mencaci makinya.

Majikannya lalu mencampakkan sejumlah yang nilainya jauh dari yang dijanjikan. Jonathan yang tidak dapat membendung emosinya langsung terpancing marah. Dia mengambil parang dan terjadilah pembunuhan terhadap majikannya, Sia Seok Nee.

Mengutip dari laporan Antara, Jumat (7/8), Konjen KJRI Penang, Bambang Suharto mengatakan bahwa kasus Jonathan saat ini masih tahap awal persidangan di Mahkamah Tinggi Penang.

Terlebih lagi, pihaknya juga belum dapat memastikan waktu putusan sela atau hakim menerima/menolak dakwaan jaksa. Tim KJRI pun mengadakan pertemuan dengan keluarga untuk membahas hal-hal yang terkait dengan persidangan dan perkembangan kasus.

Sumber: indozone.id

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!