HETANEWS.COM

Nadiem: Pemda Kami Beri Ijin Penuh dan Tanggungjawab, Untuk Beri Ijin Buka/Tutup Sekolah

Foto : Menteri Nadiem saat menjelaskan terkait wewenang penuh pemda/kanwil

Siantar. Hetanews.com – Kesepakatan bersama lintas kementrian membagi zona wilayah menurut sebaran kasus covid19 menjadi tiga zona. Zona merah, zona kuning, dan zona hijau.

Dalam kebijakan sebelumnya, ketiga zona daerah dilarang melakukan kegiatan proses belajar mengajar selama masa pandemi. Kebijakan ini akan disesuaikan karena memandang pentingnya keberlangsungan dunia pendidikan kita, demikian dijelaskan Menteri Pendidikan danKebudayaan, Nadiem Makarim, dalam meeting zoom sore ini.

Pemerintah pusat (Kemendagi) selalu Pembina umum dan K/L terkait selaku Pembina teknis melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap implementasi perubahan Surat Keputusan Besama (SKB)  4 menteri pada satuan pendidikan menengah dan pendidikan khusus yang awalnya adalah wewenang pemerintah pusat, menjadi wewenang pemerintah daerah provinsi.

Hal ini sesuai PP 12 tahun 2017 tentan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahann daerah yang berbunyi:

“Bupati/Walikota daerah melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap implementasi perubahan SKB 4 menteri pada satuan pendidikan dasar, PAUD, dan Non Formal, yang menjadi kewenangannya yang dilaksanakan oleh perangkat daerah terkait dan pada satuan pendidikannya.”

Atas dasar ini, Mendikbud bersama Jajarannya akan sangat mengharapkan koordinasi intens dengan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pedoman pembelajaran tatap muka yang diperbaharui ini.

“Jadi meskipun daerah tersebut berada pada zona hijau, tidak serta merta boleh membuka sekolah tanpa seijin Pemda/Kanwil. Demikian pula jika Pemda/Kanwil mengijinkan sekolah itu buka, lalu kemudian ada ditemukan case penyebaran covid19, keputusan Pemda/Kanwil untuk segera menutup sekolah tersebut demi kepentingan masyrakat luas.” Ujar Nadiem menegaskan.

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!