HETANEWS.COM

Ini Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan Tunai (BLT) Dana Desa

Siantar, Hetanews.com - Pemerintah  menetapkan sejumlah syarat bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan sosial tersebut. Diantaranya adalah:

  1. Calon penerima merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa.
  2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencarian ditengah pandemic covid19
  3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat. Artinya tidak menerima Proram Keluarga hrapan (PKH), kartu Smebako, paket sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) hingga Kartu Prakerja.
  4. Jika calon penerima tidak mendapatkan bansos dari proram lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa mengkomunikasikannya ke aparat desa.
  5. Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki NIK dan KTP, bisa tetap mendapat bantuan tanpa membuat KTP lebih dulu. Namun penerima harus domisili di desa tersebut dan akan dicatat alamat lengkapnya.
  6. Jika penerima sudah terdaftar dan valid maka BLT akan diberikan melalui tunai dan non tunai. Non tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima. Namun jika penerima tidak memiliki rekening bank, maka bisa segera menghubungi aparat desa dan bank milik Negara terdekat.

Selain itu, Himpunan Bank Neara (HIMBARA) juga mempermudah proses pencairan langsung penerima BLT secara nontunai, tanpa dikenai bunga dan biaya.

Cukup menyerahkan fotocopy KTP kepada Kades, kemudian kades yang akan menyerahkan kepada bank bank milik Negara yang dilibatkan dalam program ini.

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!