HETANEWS.COM

Tak Hanya Australia, Indonesia Juga Punya Kanguru Endemik Pulau Papua

Kanguru pohon goodfellow's, hewan asli Indonesia

Jika selama ini kamu berpikir kanguru hanya ada di Australia, kamu harus membuang jauh-jauh pikiran itu. Karena di Indonesia bagian Timur, tepatnya di pulau Papua, ada spesies kanguru yang tak kalah unik dan lucu. Ia adalah kanguru pohon Goodfellow.

ADVERTISEMENT

Kanguru pohon Goodfellow adalah hewan endemik pulau Papua. Mereka biasanya menempati hutan hujan tropis yang lebat di daerah pegunungan. Bisa ditemukan dari perbatasan Irian Jaya Indonesia ke Papua Nugini. Mereka adalah hewan teritorial dan soliter, biasanya aktif pada malam hari tergantung situasi dan wilayah yang ditempati.

Kanguru pohon goodfellow merupakan hewan herbivora. Makanan favoritnya adalah daun solkwood. Terkadang juga memakan bunga, pucuk, pakis, buah-buahan, dan rumput. Ketika makan selesai, mereka akan tinggal di atas pohon untuk menghindari predator.

Tak Hanya Australia, Indonesia Juga Punya Kanguru Endemik Pulau Papua (1)
Kanguru pohon goodfellow's, hewan endemik pulau Papua.

Hewan ini memiliki ciri bulu cokelat kemerahan dengan garis emas pada ekornya, serta masing-masing individu memiliki pola cokelat yang unik. Tungkai, wajah, dan perut kanguru goodfellow berwarna emas, serta menampilkan dua garis membentang ke atas dari ekor ke punggungnya.

Kanguru pohon Goodfellow punya sejumlah perbedaan dengan kanguru pada umumnya, karena gaya hidup yang beradaptasi arboreal. Mereka mampu menggerakan kaki ke belakang. Anggota tubuhnya yang kuat membantunya mudah memegang cabang-cabang pohon. Sedangkan ekornya memberikan keseimbangan.

Uniknya, hewan ini mampu melompat hingga 9 meter dari satu pohon ke pohon lain. Ketika cuaca menjadi panas, kanguru bakal menjilat diri agar tetap dingin. Ada 12 spesies kanguru pohon yang sudah tercatat.

Tak Hanya Australia, Indonesia Juga Punya Kanguru Endemik Pulau Papua (2)
Kanguru pohon goodfellow's.

Kanguru Papua adalah hewan penganut sistem poligami. Artinya setiap jantan bisa kawin dengan banyak betina. Masa kehamilan betina berlangsung selama 21 hingga 38 hari, dan melahirkan satu bayi saja. Ketika anak itu lahir, mereka akan ditempatkan di kantong ibunya dan tinggal di sana selama 10 hingga 12 bulan.

Ketika anak mulai remaja dan meninggalkan kantong induknya, mereka masih butuh perawatan selama beberapa bulan ke depan, hingga berumur 2 tahun. Saat ini, status konservasi kanguru pohon Goodfellow terancam punah karena perburuan dan alih fungsi lahan, termasuk penebangan pohon dan pembukaan lahan pertanian.

Kanguru pohon Goodfellow masuk dalam kategori terancam punah dalam red list IUCN. Adapun jumlah populasi kanguru di alam liar tidak diketahui. Yang pasti, jumlahnya semakin berkurang.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!