HETANEWS.COM

Bu Sri Mulyani, karyawan sektor apa saja yang dapat Rp600.000?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Samuel Corum - Anadolu Agency

Hetanews.com - Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati merespons rencana pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp600 ribu per bulan bagi pegawai yang bekerja di sektor swasta dengan gaji di bawah Rp5 juta. Tujuannya, untuk menggenjot penyerapan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Politikus PKS itu mempertanyakan sektor pekerja apa saja yang menjadi sasaran pemerintah dalam menyalurkan bantuan itu. "Pegawai/karyawan sektor apa saja yang akan mendapatkan insentif ini?

Berapa besarnya anggaran PEN yang akan masuk dalam program ini?" ujar Anis dalam rilisnya, Kamis (6/8). Dia mengingatkan, jangan sampai hal ini menimbulkan kecemburuan sektor yang tidak ditetapkan pemerintah untuk menerima insentif.

"Sementara mereka juga pegawai yang bergaji di bawah Rp5 juta," bebernya.

Selain itu, Anis juga mempertanyakan seberapa efektif jumlah insentif ini mampu mendongkrak daya beli masyarakat, "Salah satu penyebab daya beli masyarakat turun adalah adanya kenaikan harga kebutuhan pokok. Pemerintah harus ada upaya pengendalian harga terutama kebutuhan pokok," jelasnya.

Anggota Badan Legislasi DPR RI juga menyoroti kenaikan iuran BPJS, tarif listrik, pemotongan subsidi solar dan LPG 3 kg, yang juga bisa memicu turunnya daya beli masyarakat.

"Bagaimana insentif ini akan efektif meningkatkan daya beli masyarakat jika insentif yang didapat justru malah hanya untuk menutup kenaikan2-kenaikan seperti BPJS, listrik, kenaikan harga dan lain-lain," urainya.

Diketahui, rencana pemberian bantuan kepada 13 juta pekerja/buruh yang mendapatkan gaji di bawah Rp5 juta per bulan disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Menurutnya rencana ini merupakan salah satu yang akan dilakukan pemerintah sebagai upaya mempercepat penyerapan anggaran PEN.

Sri menyampaikan, pemerintah akan menyiapkan dana sebesar Rp32,2 triliun, guna mengimplementasikan rencana tersebut. Ia berharap anggaran yang ada dapat segera tersalurkan. Rencana ini masih dalam tahap proses finalisasi di internal pemerintah.

Sumber: alinea.id

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!