HETANEWS.COM

Robert Tua Siregar: Rebranding Toba Sangat Menguntungkan Parapat, Jangan Abuse of Power

Siantar, hetanews.com - Konsep pembangunan yang dilakukan dengan bottom up planning, tentu sebuah konsep pembangunan yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan potensi daerah tersebut.

Untuk itu, sejalan dengan rebranding toba wilayah Parapat yang dilakukan oleh pemerintah pusat, melalui PUPR, tentu untuk penguatan Danau Toba, sebagai destinasi skala prioritas Nasional.

Dan menurut Robert Tua Siregar, specialist development planning area, bahwa hal ini sangat menguntungkan bagi Kabupaten Simalungun, khususnya Parapat, yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan pendapatan mereka, apalagi saat pandemi Covid-19.

“Untuk itu, tentu muatan-muatan lokal khususnya yang ada di Parapat, sangat harus diakomodir guna mendukung rebranding toba. Sebab pemahaman kita, rebranding merupakan membuat icon atau trademark atau pembeda baru, agar dunia luar bisa mengingat atau tertarik,”jelas Ketua Program Studi Pascasarjana STIE Sultan Agung ini, Kamis (6/8/2020).

Baca juga: Kementerian PUPR Pimpin Rebranding Toba Untuk Genjot Pariwisata di Parapat

Ditambahkannya, muatan lokal terkait penamaan pelabuhan atau apalah dalam program rebranding, pemerintah sebaiknya menghargai muatan lokal atau konten lokal atau nama lokal dari kota Parapat, sebagai trademark dan penghargaan kepada tokoh lokal yang memang ada.

“Pemerintah jangan melakukan “abuse of power” dalam konsep pembangunan. Pemerintah sebaiknya melakukan pendekatan-pendekatan lokal, sesuai dengan potensi yang ada di daerah yang akan dilakukan pembangunan,” pungkasnya.

Penulis: juindra. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!