HETANEWS.COM

PHK Sepihak, Eks Karyawan Lawan Balik

Foto : Canda Pakpahan(36) gugat KSP Mitra Sejati atas PHK Sepihak Yang Diterimanya

Siantar, Hetanews.com – Eks karyawan Koperasi Sahabat Mitra Sejati, Candra Pakpahan, menggugat mantan perusahaan tempatnya bekerja selama 6 tahun itu ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Siantar.

Candra menuntut kompensasi sebesar Rp 35 juta karena perusahaan telah memberhentikannya secara sepihak.

Melalui kuasa hukumnya, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pematang Siantar, menjelaskan awal permasalahan kliennya dengan Koperasi Sahabat Mitra Sejati yang beralamat di Jalan Kartini, Kecamatan Siantar Barat itu.

Pertengahan bulan maret 2020, Candra bersama 3 rekan kerjanya dimutasi oleh perusahaan ke Rantauprapat, Labuhanbatu.

Namun saat itu, perusahaan tidak memberikan biaya tambahan kepada karyawan.

"Uang perjalanan dinas tidak ada diberikan dan ditolak. Selain permasalahan itu, ada juga karena situasi pandemik COVID-19 saat ini. Kami menanyakan jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi sama kami, siapa yang bertanggung jawab?"

Surat penolakan dikirimkan ke perusahaan dan juga ke Disnaker Kota Siantar. Kemudian tidak lama setelah itu, perusahaan kembali mengeluarkan surat mutasi tanpa mempertimbangkan surat keberatan mereka sebelumnya.

“Penolakan itu tidak ada dibahas, langsung surat mutasi dikeluarkan tanpa mempertimbangkan surat keberatan karyawan sebelumnya.” Ucap candra menegaskan.

Merasa ada kejanggalan, Candra bersama LBH Pematang Siantar menggugat Koperasi Sahabat Mitra Sejati Cabang Pematang Siantar untuk menyelesaikan kewajibannya sesuai amanat UU No 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Penulis: juindra. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!