HETANEWS.COM

Dinas Kesehatan Medan Swab Tes Orang Terdekat Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution

Salah satu staf protokol Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution saat jalani swab tes, Kamis (6/8/2020).

Medan, hetanews.com - Dinas Kesehatan Kota Medan melakukan swab tes kepada 23 orang yang memiliki kontak erat dengan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution.

"Staf Protokol, ajudan,  serta patroli dan pengawal (Patwal) yang sehari-hari bekerja berdampingan dengan Plt Wali Kota Medan hari ini menjalani swab tes," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi, Kamis (6/8/2020).

Edwin menjelaskan, swab dilakukan dalam rangka melakukan tracing untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19.

Baca juga: Pejabat Kelurahan di Kota Medan Meninggal akibat Covid-19

Swab tes sendiri dilakukan di rumah Dinas Wali Kota Medan, Jalan Sudirman. Pantauan di lokasi petugas yang memakai APD (alat pelindung diri lengkap mengambil sample dari hidung dan tenggorokan.

Kata dia, 23 orang yang menjalani swab tes adalah yang sehari-hari mendampingi Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution dalam melaksanakan tugas.

Edwin juga mengatakan jika ada hasil uji Swab dari orang-orang yang melekat tersebut yang positif maka segera akan dilakukan penanganan lebih lanjut. "Apabila ada yang positif dari hasil Swab nya maka, akan diambil tindakan penanganan yang intensif melalui karantina selama 14 hari yang dalam rangkaian karantina tersebut akan dilakukan tes swab kembali hingga benar-benar menunjukkan hasil yang negatif," ucapnya.

Baca juga: Ini Penjelasan Jubir GTTP terkait Perbedaan Hasil Swab Tes Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution

Selain Plt Wali Kota Medan, sambung Edwin, ada beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkonfirmasi positif Covid-19, terkait itu, contact tracing juga akan dilakukan kepada orang-orang terdekat dengan pimpinan OPD yang positif tersebut.

Sebelumnya, Edwin menjelaskan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil swab yang keluar 4 Agustus 2020. 

Penulis: jat. Editor: M Azhari.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!