HETANEWS.COM

Wisata Bumi, Pilot Project Baru Untuk Sustainable Tourism

Foto : Panorama Taman Batu, Citatah, Bandung Barat, Jabar. Taman Batu merupakan bagian dasar laut purba yang airnya surut akibat pergeseran tanah dan letusan hebat gunung api di masa silam

Siantar, Hetanews.com - Dalam khazanah pariwisata, wisata bumi sesungguhnya tergolong konsep yang relatif baru. Jagat pariwisata mulai mengenal istilah ini tahun 2002, tatkala National Geographic Traveler yang berbasis di Amerika Serikat melakukan sebuah kajian khusus tentang wisata bumi.

Hasil riset itu melahirkan sebuah batasan tentang wisata bumi, yaitu wisata yang mendorong atau meningkatkan karakter geografis, lingkungan, warisan pusaka, estetika, kebudayaan dan kesejahteraan masyarakat dari sebuah tempat.

Karakter geografis, dalam hal ini, menjadi semacam payung yang menyatukan elemen-elemen lainnya. Makna geografis bukan hanya menyangkut sebuah tempat itu berada, namun juga terkait apa yang menjadikan sebuah tempat itu berbeda dengan tempat-tempat lainnya.

Dihubungkan juga dengan aspek struktur historis, geologis, arkelogis, flora-fauna, kondisi lanskap, arsitektur, maupun hasil-hasil seni-budaya lainnya.

Para praktisi wisata bumi berpendapat, konsep ini merupakan wisata berkesinambungan [sustainable tourism]. Dalam artian, daerah tujuan wisata harus tetap dijaga dan dilestarikan untuk kepentingan generasi berikutnya.

Dengan demikian, berbagai warisan budaya dan berbagai kearifan lokal ikut terlindungi dan terjaga. Adapun pendapatan dari wisata harus diarahkan untuk menjalankan program-program konservasi.

Cherryl M Hargrove [2007] menyebutkan, langkah awal pengembangan wisata bumi adalah mengenali terlebih dahulu aset alam, budaya maupun sejarah yang khas dan potensial dari sebuah tempat.

Setelah itu, barulah dilakukan langkah-langkah mempertahankan, mengembangkan, dan memasarkan aset-aset itu.

Akan lebih baik dalam pengembangan wisata bumi ini melibatkan sebuah dewan khusus gabungan pemerintah dan swasta yang anggotanya mewakili daerah tujuan wisata potensial.

Tentunya, daerah yang memiliki berbagai kekhasan dalam soal panorama, budaya, masakan, alam bebas, rekreasi, cerita rakyat, musik, teater dan sejarah, maupun sistem tata pemerintahan serta sistem usaha [Tourtellot, 2008].

SUMBER: Explorewisata.com , Camerawisata.com ,Mogabay.com ,  Travellingyuk.com

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!