Simalungun, Hetanews.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) akan melakukan Rebranding Toba di Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun Kamis, (6/8/2020).

Tujuan Rebranding Toba diharapkan mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan mancanegara dan mendorong peningkatan wisatawan lokal.

Tokoh masyarakat, Harianto Sinaga, mengatakan saat ini sedang melakukan pembangunan amenitas (di luar akomodasi yang dapat dimanfaatkan wisatawan selama berwisata).

Baca juga: Rebranding Toba, prioritas pada prasarana

“Sebelum melakukan promosi atau penjualan, maka produk-produk pariwisatanya harus siap baik destinasi utama maupun pendukungnya serta menyesuaikan dengan pasar yang kini mayoritas didominasi generasi milenial.” tuturnya.

Ditambahkannya,  upaya pemerintah yang nanti akan diikuti, kreatifitas daripada masyarakat untuk membangun usaha-usaha ekonomi kreatifnya berbasis budaya masyarakat lokal.

Saat ini pemerintah sedang memperbaiki jalan, air, taman, listrik, ruang public diperbaiki, dan pembuatan pelabuhan.

Disinggung soal manfaat yang didapat oleh masyarakat setempat, sudah ada ruang amenitas, ruang public, jalan-jalan bagus, pelabuhan bagus, tempat-tempat kuliner itu bagus, restoran, rumah makan, penjual sofenir sudah di siapkan.