HETANEWS.COM

Mengenal Liger, Kucing Besar Hasil Kawin Silang Singa dan Harimau

Liger, kucing besar hasil kawin silang singa jantan dan harimau betina

Hetanews.com - Pernahkah kamu mendengar hewan liger? Dia adalah kucing besar hasil kawin silang antara singa jantan dan harimau betina. Bukan legenda, liger ternyata memang ada di dunia. Salah satunya hidup di Myrtle Beach Safari, Carolina Selatan, Amerika Serikat.

Dalam rekaman yang dibagikan di akun Facebook Jayprehistoricpets oleh Jay Brewer, pecinta reptil sekaligus pemilik The Reptile Zoo Parties dan Jay Prehistoric Pets, terlihat seekor liger raksasa tengah berjalan santai bersama pengasuhnya, Kody Antle.

“Tahukah kamu bahwa harimau dan singa memiliki gen yang sama di dalamnya. Itu memang sangat menakjubkan, tapi yang paling menakjubkan adalah liger ini, tentu saja saat mereka tumbuh dewasa,” kata Jay Brewer dalam video tersebut.

Dikatakan Cody, ligers raksasa yang tengah berjalan bersamanya memiliki panjang tubuh 3,6 meter dengan berat 900 pon atau setara 408 kilogram.

Liger sendiri merupakan hibrida langka hasil kawin silang antara singa jantan dan harimau betina yang hanya dibiakkan secara artifisial atau tidak alami sejak abad ke-19. Saat ini, diperkirakan ada sekitar 1.000 liger yang hidup di penangkaran di seluruh dunia.

Liger tidak akan ditemukan di alam liar. Sebab, singa dan harimau tidak hidup tumpang tindih, kecuali di hutan Gir India kendati di sana pun tidak pernah ditemukan liger.

Ini tak lain karena kucing besar yang hidup di wilayah yang sama tidak akan melewati batas spesies. Artinya harimau dan singa tidak tertarik satu sama lain, seperti halnya manusia dengan simpanse.

Sebaliknya, liger adalah keturunan kucing besar yang dikawinkan di penangkaran, dan mereka ditakdirkan untuk menjadi objek penelitian di kebun binatang dan taman margasatwa. Kendati tampak menakjubkan, namun para pendukung konservasi kucing besar mengatakan bahwa hibridisasi memiliki sisi gelap.

“Hibridisasi membuka peluang kekacauan genetika yang lebih besar. Ini artinya, ada kemungkinan terjadinya kemandulan atau kecacatan yang lebih besar terhadap hewan-hewan hasil hibridisasi,” kata Luke Hunter, kepala Organisasi Konservasi Kucing Liar, Panthera.

Mengenal Liger, Kucing Besar Hasil Kawin Silang Singa dan Harimau (1)
Liger, hibrida raksasa hasil kawin silang.

Kendati begitu, banyak kucing hibrida hidup sehat dan bahkan beberapa di antaranya telah menghasilkan keturunan. Salah satunya adalah Hercules, liger raksasa di Myrtle Beach Safari yang berhasil memecahkan Guinness Book of World Records sebagai liger terbesar di dunia.

Ada juga liger betina yang hidup di kebun binatang Rusia yang dikawinkan dengan singa jantan dan melahirkan liliger pada tahun 2012.

Liger sendiri memiliki ciri yang khas dibandingkan dengan kucing lain. Mereka punya warna kulit emas dengan garis samar di tubuhnya. Hewan ini tumbuh 1,5 hingga 3 meter dengan berat mencapai 453 kilogram, dua kali lipat dari singa dan harimau biasa.

Menurut Woody, pemilik Woody Menagerie di Mulberry Grove, Illinois, seekor singa dan harimau akan kawin ketika mereka telah lama hidup bersama dan tidak ada pilihan lain.

"Singa adalah harimau yang dipisahkan oleh evolusi sekitar tujuh juta tahun," kata Craig Packer, direktur Lion Research center di University of Minnesota, kepada National Geographic. "Tapi mereka masih memiliki hubungan yang cukup erat sehingga mereka dapat hibridisasi."

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!