Siantar, hetanews.com -  Usia memang bukanlah halangan bagi seseorang untuk tetap berjuang mencari rezeki yang halal. Setidaknya, hal inilah yang dilakukan oleh seorang kakek, bernama Katiman, berusia 75 tahun yang sehari - hari berdagang roti keliling.

Saat ditemui di tempat mangkalnya, di depan RS Tiara Kasih, pada Rabu (5/8/2020) sore, Kek Katiman menyebutkan, dirinya sudah melakoni pekerjaanya, sebagai tukang roti keliling, selama 35 tahun. Dan roti daganganya itu, merupakan buatan saudaranya.

Kek Katima menambahkan, dirinya bersama istri yang berusia 68 tahun, asli warga Kabupaten Batu Bara yang merantau ke Kota Pematangsiantar, pada tahun 1968 silam dan kini tinggal di Jalan Mawar, Kelurahan Simarito, Kecamatan Siantar Barat.

Meski dengan kondisi yang tidak muda lagi, bukan halangan baginya untuk mencari nafkah. "Kakek udah 35 tahun berdagang roti keliling, dan biasanya pergi pagi, pulang sore, daripada berdiam diri di rumah, lebih bagus ada kesibukan, seperti sekarang ini jualan,"ujar Kek Katiman.

Sementara itu, untuk menjajahkan daganganya, dia memulai aktifitasnya sejak pagi hingga sore. Maka tak jarang pula, setiap harinya, Katiman juga kerap singgah di sejumlah tempat, seperti di sekolah, maupun di rumah rumah sakit.

Bahkan Katiman memiliki julukan yang cukup dikenal oleh warga dengan panggilan Tukang Roti Allhamdullilah. "Kalau ditanya orang, bilang aja mana tukang roti alhamdullilah, itu udah ngerti orang. Dan cukup diberi kesehatan sajalah karena harta paling berharga itu hanyalah kesehatan,”ujarnya.