HETANEWS.COM

Buron Korupsi Rp 4 M Pertamina Marine Ditangkap, Ini Perjalanan Kasusnya

Jumpa pers di Kejari Cilacap.

Yogyakarta, hetanews.com - Seorang buronan kasus korupsi Pertamina Marine Region Cilacap berinisial AY ditangkap di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) semalam. Dalam kasus ini AY merupakan Senior Supervisor Marine di Pertamina Marine Region Cilacap.

Di mana saat itu AY diberikan kuasa memegang pengelolaan dana yang salah satunya adalah dana pendapatan negara bukan pajak (PNBP) pelabuhan.

"Pada sekitar tahun 2018, tepatnya pada bulan Mei sampai Juni yang bersangkutan diberi kekuasaan sebagai pemegang cash credits untuk pengelolaan dana, salah satunya dana PNBP pelabuhan," jelas Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Tri Ari Mulyanto, dalam jumpa pers di kantornya, Selasa (4/8) malam.

Tri mengungkap anggaran untuk dana PNBP pelabuhan dalam satu tahun diperkirakan mencapai Rp 24 miliar. Dengan batas limit per bulan yakni Rp 2,2 miliar.

"Dalam perjalanannya, pada bulan Juni diketahui tidak bisa mempertanggungjawabkan keuangannya, pengelolaannya, sehingga dilakukan penghitungan kerugian negara sekitar Rp 4.368.986.104," ujarnya.

Dia mengatakan Kejari Cilacap telah melakukan penyidikan terhadap AY sejak 25 September 2018. Namun dalam prosesnya terhenti setelah AY ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Hingga saat ini, lanjut dia, kerugian keuangan negara akibat kasus tersebut belum dapat diselamatkan. Pasalnya baru kali ini AY dihadirkan untuk diperiksa.

"Karena yang bersangkutan belum pernah diperiksa sama sekali pada waktu penyidikan karena ditetapkan sebagai DPO," jelasnya.

Selanjutnya, Kejari Cilacap berkoordinasi dengan KPK untuk mendapat informasi keberadaan AY pada 7 Juli 2020.

Kemudian dalam perjalanannya pada tanggal 7 Juli 2020 pihaknya berkoordinasi dengan KPK untuk mendapatkan informasi keberadaan AY.

"Sehingga kami tim Kejaksaan Negeri Cilacap bekerja sama dengan tim intelijen Kejaksaan Negeri Sleman, Kejaksaan Tinggi DIY kami mulai berangkat ke Sleman," jelasnya.

"Tepatnya tadi sore antara pukul 15.00-16.00 WIB berhasil menangkap yang bersangkutan yaitu di daerah Gamping, Sleman," tutur Tri.

sumber: detik.com

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!