Simalungun, hetanews.com - Perumahan DL Sitorus yang berada di jalan Medan KM 8.5, Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, mengalami longsor, Minggu (2/8/2020).

Pantauan di lokasi, ada 4 rumah yang mengalami kerusakan, 3 diantaranya milik DL Sitorus, pada bagian belakang rumah dan 1 rumah yang berada di Jalan Tuan Gunung Purba, Gang Keluarga, tepatnya di belakang perumahan DL Sitorus, mengalami kerusakan bagian samping rumah yang mengakibatkan jebolnya tembok rumahnya.

Menurut pengakuan pemilik rumah, Rismahata Purba (53), kejadian longsornya perumahan tersebut sudah terjadi 2 kali dalam 1 bulan terakhir.

Kamar milik Rismahata Purba, tampak jebol diterjang pondasi tembok perumahan DL Sitorus. (foto/juindra)

“Sewaktu kejadian pertama itu bulan lalu, bersamaan dengan banjirnya di Ebenezer dan Inpres, dan yang kedua ini minggu kemarin, di pagi hari,”ungkapnya, Selasa (4/8/2020), saat ditemui di rumahnya, di gang keluarga.

Sebelum kejadian longsor kedua ini, Rismahata mengatakan, pemilik perumahan terlalu tergesa-gesa dalam melakukan perbaikan.

Sebab saat bangunan tembok, pondasi masih basah sudah langsung di isi tanah liat, akibatnya rumahnya jadi jebol tertimpa tembok bangunan, katanya.

Setelah kejadian ini, penanggung jawab Perumahan DL Sitorus, sudah berkali-kali bertemu dengan Rismahata, hanya saja sampai saat ini belum ada titik temu.

Kerugian material yang dialami oleh Rismahata, mencapai 50 juta rupiah.