HETANEWS.COM

Masyarakat Diminta Ringankan Beban Tenaga Medis dengan Disiplin Prokotol Kesehan

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah.

Medan, hetanews.com - Dokter Andhika Kesuma Putra dilaporkan meninggal dunia akibat terpapar virus corona atau COVID-19 pada Sabtu (1/8).

Hingga saat ini sudah 9 orang dokter meninggal akibat COVID-19, di mana 5 orang diantaranya berasal dari Kota Medan.

"Dokter Andhika menjadi dokter ke-9 di Provinsi Sumut yang gugur, dan menjadi dokter ke-5 untuk di Kota Medan," kata Ketua IDI Cabang Medan Wijaya Juwarna, Senin (3/8).

Dokter Andhika merupakan salah satu dokter spesialis paru yang memiliki karier cemerlang di Sumut.

Selama pandemi ia pernah bertugas di Rumah Sakit (RS) GL Tobing dan juga bertugas di RS Colombia Asia.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah meminta masyarakat agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Hal ini merupakan cara paling ampuh untuk menghambat penyebaran COVID-19.

"Dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin akan dapat mengurangi beban tugas tenaga medis dalam melakukan perawatan pasien COVID-19," katanya.

Selain menyuci tangan teratur, menggunakan masker, menjaga jarak dan meningkatkan daya tahan tubuh, masyarakat juta diminta tetap mengurangi interaksi/kontak dengan orang lain.

"Ini harus kita lakukan bersama-sama agar mengurangi risiko paparan COVID-19, sehingga meringankan beban para dokter dan tenaga medis lainnya dalam melakukan perawatan," jelasnya.

Ia mengatakan, peningkatan kasus konfirmasi positif COVID-19 di Sumut masih belum menunjukkan penurunan.

Hingga Senin (3/8) konfirmasi berjumlah 4.193 kasus, suspek berjumlah 498 kasus dan meninggal berjumlah 204 kasus. Namun, kesembuhan bertambah 39 orang menjadi 1.652 kasus.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!