HETANEWS.COM

Hinca Panjaitan Tanggapi Soal Koalisi PDI-Perjuangan dengan Demokrat

Hinca Panjaitan. (foto/juindra)

Simalungun, hetanews.com - Anggota DPR RI, Hinca Panjaitan, menanggapi pernyataan yang diucapkan  Djarot Saiful Hidayat, terkait koalisi antara Partai Demokrat dengan Partai PDI - Perjuangan.

Dikatakannya, partai-partai yang berdaulat yang mengerti etika tidak akan menyalahkan Demokat dalam posisi itu.

"Bagi kami (Partai Demokat) menyalahkan bukan karakter. Sebab bangsa ini, negara ini, milik kita bersama," ungkapnya, Senin (3/8/2020), ketika ditemui, di Nagori Dolok Malela, Kecamatan Dolok Malela, Kabupaten Simalungun.

Ditambahkannya, Negara Indonesia tidak bisa diurus dan ditanggungjawabi satu partai saja.

"Jika engkau melakukan itu, kau melakukan undur politik, karena itu Demokrat tidak akan pernah menanggapi itu dari sisi-sisi yang diucapkannya, tetapi kita bersemangat untuk membangun negeri ini bersama-sama," katanya.

Hinca Panjaitan mengklaim, dari 270 Pilkada di Indonesia, puluhan merah, ada di dalam Demokrat. Bahkan mereka minta-minta ke kita, tetapi kami tidak pernah ngomong, katanya.

Menurutnya, tidak perlu menyalahkan, yang perlu itu adalah saling bersinergi. Sebab dia sendiri tidak bisa mengurus negeri ini sendirian.

"Barang siapa yang menyampaikan fikirannya selalu menyalahkan, saya kira itu tidak beretika. Etika politik adalah berkomunikasi dengan baik, sekalipun kita berkompetisi ,"tutup mantan Sekjen Partai Demokrat ini.

Sebelumnya, Djarot menegaskan, pihaknya tidak akan berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS, di Pilkada serentak 2020 mendatang.

Keputusan ini diambil berdasarkan aspirasi dari simpatisan PDI - Perjuangan yang diterima pengurus partai.

Sikap politik Demokrat dan PKS yang kerap berseberangan dengan kebijakan pemerintahan, dinillai menjadi faktor penolakan tersebut.

Sementara itu, Wakil Bendahara Umum PDI - Perjuangan, Rudianto Tjen, mengklafikasi kabar partainya tak ingin berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS, dalam gelaran Pilkada serentak 2020.

Rudianto menegaskan, partainya terbuka berkoalisi dengan siapapun untuk meraih kemenangan. Ia pun tak mempersoalkan, jika PDI - Perjuangan harus berkoalisi dengan Demokrat dan PKS.

Penulis: juindra. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!