Humbahas, hetanews.com - Tidak hanya memiliki pemandangan alam maupun pegunungan yang indah dan asri, di Desa Banuaarea, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbahas, anda juga akan melihat sebuah sungai yang berkelok indah, dan rasanya seperti berada tepat di bawah kalau dari kejauhan. Kelokan sungai Sibambanon, mengalir dari Dolok Pinapan hingga Purba Bersatu Pakkat.

Di lereng perbukitan tersebut anda juga akan menemukan sebuah mata air yang airnya masih sangat jernih. Mata air tersebut menjadi sumber air minum juga digunakan sebagai pengairan bagi ladang dan sawah masyarakat desa Banuarea di sekitar lereng.

Disamping pemandangan indah, Sampuran Napa (Air Terjun Napa). Menurut Welldy Simanullang, untuk menuju ke air tejun tersebut, anda harus berjalan kurang lebih sejauh 850 meter, dengan medan perbukitan yang naik turun. Warga disini akan siap mendampingi untuk kesana.

Baca juga: Pesona Alam di Desa Banuarea Pakkat Tak Kalah Indahnya dan Udaranya yang Sejuk

Di pagi hari yang cerah, cahaya matahari yang menyinari punggung pegunungan, menjadikan kontras warna hijau yang menawan pada lekukan-lekukan pegunungan di desa tersebut.

Desa Banuarea menjadi salah satu desa yang masih memiliki panorama alam yang masih alami dan indah, ditengah pembangunan kota yang semakin terus meningkat.

Untuk menuju ke desa Banuarea tersebut, dari kota Doloksanggul, anda bisa melalui dua jalur jalan. Bisa dari Doloksanggul-Onanganjang-Panggugunan-Sipagabu-Banuarea. Kalau dari Kota Kecamatan Pakkat, anda akan menaiki jalan Pakkat, persimpangan jalan di Desa Purba Bersatu ke wilayah Rambe hingga tida di simpang Banuarea di Desa Sipagabu.