HETANEWS.COM

Pesona Alam di Desa Banuarea Pakkat Tak Kalah Indahnya dan Udaranya yang Sejuk

Pesona alam di Desa Banuarea Pakkat tampak indah dan asri.

Humbahas, hetanews.com - Berkunjung ke pelosok daerah pedesaan bisa menjadi salah satu alternatif lain untuk menikmati keindahan alam yang masih sangat terjaga kealamiannya.

Salah satu daerah yang bisa anda kunjungi untuk menikmati keindahan serta keasrian alam yang masih terjaga ialah daerah Sosorgadong, Banuarea Dolok, Lumban Marbun, Gadong Dolok, Saba Gotting dan lain - lain.

Di sebuah perbukitan yang letaknya di Desa Banuarea, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), anda bisa menikmati keindahan alam yang masih sangat terjaga keasriannya. Desa tersebut tepatnya terketak di berbagai dusun seperti Sosorgadong, Banuarea Dolok, Lumban Marbun, Gadong Dolok, Saba Gotting dan lain lain.

Di desa tersebut, kawasan deretan perbukitan yang megah, menjadi salah satu panorama yang sangat indah dan bisa anda nikmati nuansa alam dan kesejukannya.

Menurut Welldy Simanullang, salah seorang warga sekitar, bukit tersebut juga menjadi salah satu rute jalan bagi para masyarakat sekitar untuk menuju ke ladang bertani, maragat (Sebutan bagi petani nira) dan juga mencari pakan ternak.

"Perbukitan tersebut, sering digunakan masyarakat sekitar sebagai jalan menuju ke ladang atau hutan untuk mencari pakan ternak dan menuju ke sawah, maragat (itu bagi petani yang mengolah air nira/enau) atau mengambil air nira yang difermentasi jadi tuak. Dan kadang, mereka juga beristirahat disekitar perbukitan tersebut, setelah dari ladang," ujar Welldy Simanullang

Dari desa Banuarea tersebut, anda bisa melihat deretan bukit yang megah dan menawan. Panorama landscape yang eksotis juga bisa anda lihat ketika pagi hari.

Di pagi hari kabut-kabut tebal yang masih menyelimuti sekitar bukit, tampak bergelombang dan perlahan bergerak menghilang, menjadi pemandangan nan elok.

Di pegunungan Desa Banurea tersebut, ekosistem alamnya masih sangat terjaga dengan baik, udara alamnya masih bersih, dan belum banyak tercemar.

Foto rumah ibadah berada di tengah suasana alam yang indah dan sejuk.

Perbukitan hijau yang subur ditumbuhi beragam pepohonan yang rindang, menambah nuansa asli hutan disekitar lereng pegunungan tersebut.

Ekosistem alam yang masih sangat terjaga di sekitar lokasi pegunungan desa Bnuarea tersebut, membuat hewan-hewan habitat asli di tempat tersebut masih banyak bisa anda temui.

Burung-burung yang hinggap di pepohonan hutan, masih bisa anda temui dan beragam kicauannya yang indah dan khas masih bisa anda dengarkan sepanjang hari.

Di pagi hari, udara di desa pegunungan Desa Banuarea tersebut sangat dingin, menyebabkan anda harus memakai jaket tebal ketika berada di lokasi tersebut.

Untuk melihat lebih jelas, panorama landscape deretan pegunungan dan bukit yang megah, di sekitar lokasi desa tersebut, spot apot pandang yang alami. Menurut Welldy Simanullang, spot pandang tersebut, merupakan titik titik view terbaik di desa perbukitan desa Banuarea ini.

"Ada beberapa spot pandang, misalnya Sosorgadong, Banuarea Dolok, Lumban Marbun, Gadong Dolok, Saba Gotting dan lain lain. Dari titik spot pandang tersebut, view deretan pegunungan kecamatan ini, kecamatan Pakkat bisa seluruhnya terlihat, karena di titik lainnya, kita akan terhalang pohon-pohon besar untuk melihat panorama alam disekitar sini," paparnya.

View panorama akan lebih indah lagi kalau dibuatkan gardu pandang dan spot foto. Spot pandang bisa dibuat misalnya dengan memanfaatkan pohon-pohon yang ada di sekitar.

Penulis: tim. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan