HETANEWS.COM

Apa yang Harus Dilakukan Donald Trump untuk Meluncurkan Senjata Nuklir

Ilustrasi. Foto: Eric Baradat/AFP via Getty Images

Hetanews.com - Presiden Trump menyuarakan keprihatinan ketika ia berpendapat di Twitter bahwa ia memiliki tombol nuklir "lebih besar dan lebih kuat" daripada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Pada kenyataannya, tidak ada tombol.

Alih-alih, ini merupakan protokol yang dirancang untuk memungkinkan Presiden meluncurkan serangan nuklir dengan cepat. Presiden Trump masih memiliki wewenang tunggal untuk meluncurkan serangan nuklir, meskipun Komite Hubungan Luar Negeri Senat mengadakan dengar pendapat pada bulan November.

Untuk menilai kemungkinan perubahan pada proses itu, dan ada perdebatan yang sedang berlangsung tentang cara-cara untuk mereformasi proses tersebut.

Presiden tahu tidak ada tombol dan dia berbicara dengan halus dan untuk diketahui bahwa dia memiliki kemampuan tunggal untuk menggunakan senjata nuklir dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada Kim Jong Un," kata Kingston Reif, Direktur Kebijakan Pelucutan Senjata dan Pengurangan Ancaman di Asosiasi Pengendalian Senjata.

Beginilah cara presiden akan meluncurkan senjata nuklir.

Trump memutuskan untuk memerintahkan serangan atau serangan balik

Jika serangan nuklir terhadap Amerika Serikat sudah dekat, Trump akan menerima informasi dari komando nuklir dan sistem kontrol tentang hal itu, dan Presiden biasanya akan berunding dengan penasihat militernya sebelum membuat keputusan tentang bagaimana menanggapi.

Dalam hal ini, Trump tidak memiliki kekuatan tunggal untuk melakukan ini dan harus memerlukan persetujuan tambahan. Bagaimanapun, langkah selanjutnya adalah Trump untuk mengidentifikasi dirinya ke pusat komando yang benar-benar dapat melaksanakan serangan.

Trump mengidentifikasi dirinya ke Pentagon

Sebagai Presiden, Trump membawa kartu identitas yang dikenal sebagai "biskuit" yang memungkinkannya untuk mengidentifikasi dirinya sendiri kepada para pejabat di Pentagon dengan kode-kode unik yang memberi tahu mereka bahwa ia mengizinkan serangan nuklir. Dia juga perlu menentukan jenis serangan yang ingin dia lakukan; opsi yang berbeda digambarkan dalam serangan nuklir.

AS memiliki 800 hulu ledak yang tersedia untuk digunakan dalam beberapa menit setelah memesan peluncuran nuklir. Ada Sekitar 400 hulu ledak yang merupakan rudal balistik antarbenua darat dan kira-kira jumlah yang sama dari rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam.

Komando Strategis meluncurkan Rudal

Setelah Trump berhasil menyampaikan perintahnya, Komando Strategis, yang memiliki kendali operasional atas pasukan nuklir AS, akan mengimplementasikannya.

Proses peluncuran hulu ledak harus memakan waktu lebih dari 15 menit lebih sedikit jika Anda tidak menggunakan rudal balistik kapal selam yang diluncurkan  sistem yang dirancang selama Perang Dingin. Ketika diyakini bahwa Rusia memiliki hulu ledak yang bisa mencapai Amerika Serikat dalam waktu kurang dari 30 menit.

Jika hanya menangkal ancaman seperti itu dan diperkirakan memerlukan kemampuan untuk meluncurkan senjata dengan cepat sebelum Nuklir Rusia dapat meledak di tanah A.S dan itu akan menyisakan sedikit waktu bagi presiden untuk berkonsultasi dengan penasihatnya.

Sumber: time.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!