HETANEWS.COM

Lebih Berat dari Tuntutan Jaksa, Kakek Pengedar Ganja Divonis 6 Tahun Penjara

Kakek penjual ganja saat mendengarkan vonis, di sidang online PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Majelis hakim, pimpinan Hendrawan Nainggolan SH, memvonis naik hukuman kakek pengedar ganja, Edi Sanusi Saragih alias Pablo (55), jadi 6 tahun penjara, denda Rp.1 Milyar, subsider 6 bulan penjara.

Putusan hakim tersebut, dibacakan dalam persidangan, Kamis (30/7/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun yang digelar secara online.

Sebelumnya, terdakwa dituntut 5 tahun penjara, denda Rp.1 milyar, subsider 1 tahun penjara oleh jaksa Firmansyah SH.

Warga Simpang Kampung Jawa, Kelurahan Perdagangan III, Kecamatan Bandar itu, dinyatakan bersalah melanggar pasal 114 (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika.

Pablo terbukti menjadi pengedar 50 gram ganja, dan ditangkap anggota Polres Simalungun, pada Kamis, 13 Februari 2020, pukul 17.00 WIB, di kedai tuak marga Bagariang, di Perdagangan III, kampung terdakwa. 

Ganja sebanyak 22 bungkus, dan satu gulung kertas tik tak  dinyatakan dirampas untuk dimusnahkan dan uang Rp 50 ribu hasil penjualan ganja, dirampas untuk negara.                 

Berdasarkan fakta yang terungkap di persidangan, melalui keterangan saksi-saksi, dikaitkan dengan barang bukti ganja yang dimasukkan ke dalam kaleng rokok Surya.

Dan pengakuannya, pagi itu ia dengan menumpang bus,  berangkat menuju Kota Limapuluh Batubara untuk membeli ganja seharga Rp 150 ribu dari Adi (DPO).

Terdakwa pulang ke rumahnya, lalu membagi ganja menjadi 25 paket kecil dan menyimpannya  ke dalam kaleng rokok Surya untuk dijual. 

Kemudian, terdakwa menyembunyikan kaleng berisi ganja tersebut, di belakang kedai tuak milik marga Bagariang, di Pasar III Perdagangan.Terdakwa sambil minum tuak, menunggu pembeli dan ternyata diciduk polisi yang sudah mendapat informasi terkait perbuatan terdakwa.               

Atas putusan hakim, terdakwa didampingi pengacara dari Posbakum PN Simalungun dan juga jaksa, diberi waktu 7 hari untuk pikir-pikir, menerima ataupun banding. Persidangan dibantu panitera, Jonathan Sinaga, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!