HETANEWS.COM

Tokoh Pemuda Dorong Nur Hasim – Tumpak Siregar Majukan Simalungun

Simalungun, Hetanews.com - Setelah bertahun tahun sukses dalam perantauannya,  Mujahidin Nur Hasim tidak lupa dengan kampung halamannya. Dimana saat ini kampung halamannya haus akan sosok pemimpin yang melakukan perubahan besar.

Tokoh Pemuda Siantar Simalungun, Baringin Siahaan, mengatakan saat ini simalungun sangat membutuhkan figure yang peduli pada pembangunan fisik dan psikis masyarakat simalungun. Seperti kita ketahui bersama, selama ini pembangunan di simalungun tidak merata bahkan hanya menonjol di satu wilayah saja, sementara di wilayah lain perhatia pemerintahnya sangat minim.

Baringin mencontohkan Nagori Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Simalungun. Tigaras itu punya potensi yang sangat mumpuni, mulai dari objek wisata, perikanan, peternakan dan beragam potensi lainnya yang masih bisa dimaksimalkan.

Potensi yang besar tersebut dirasa kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh Pemerintah Simalungun. Hal itu terlihat dari akses jalan menuju Tigaras banyak yang berlubang, hingga memakan semua badan jalan.

Apabila dilakukan perbaikan jalan disana, diharapkan akan mampu meningkatkan distribusi barang/jasa dari dan ke Tigaras, meningkatkan pendapatan masyarakat di seputaran objek wisata tersebut, serta menjadi barometer perekonomian kawasan Kaldera Toba.

“Sektor parawisata bisa menjadi salah satu penyumbang terbesar pendapatan asli daerah.” ungkap Baringin.

Ditambahkannya, saat ini Presiden Jokowi sedang gencar-gencarnya menunjang kemajuan pariwisata berbagai daerah, salah satunya sekitar kawasan Danau Toba. Keinginan ini semakin diperkuat pasca ditetapkannya Kawasan Danau Toba oleh UNESCO sebagai Global Geopark dan menjadi Destinasi Super Prioritas (DSP) .

Semua ide yang disampaikan oleh Presiden Jokowi ini sangat sejalan dengan Pemikiran dari pasangan Mujahidin Nur Hasim dan Tumpak Siregar.

Apalagi Nur Hasim dikenal aktif berjaringan dengan investor-investor besar, dalam dan luar negeri  yang pasti akan mendukungnya dalam melakukan perubahan besar di Simalungun.

Tidak hanya menggenjot perekonomian daerah melalui beragam manuver di sektor wisata, Nur Hasim juga diharapkan dapat  menggenjot perekonomian melalui  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan menjaga stabilitas harga komoditas pertanian – peternakan - perikanan, termasuk menjamin ketersediaan bibit tanaman bermutu serta ketersediaan pupuk dan pakan. Sebab selama ini masalah bibit, kelangkaan pupuk/pakan sampai stabilitas harga pasca panen, menjadi keluhan utama warga simalungun.

Warga menilai, Nur Hasim merupakan orang yang cocok memimpin simalungun yang dikenal masyarakatnya sangat beragam karena memiliki toleransi tinggi, terlihat dari keinginan beliau meminang Tumpak Siregar sebagai pasangannya yang berbeda keyakinan dengan dirinya. Semuanya semata – mata tidak hanya sekadar ingin menang dalam konstelasi perpolitikan daerah, tapi juga memenangkan hati rakyat simalungun dimanapun.

Dalam keterangan lanjutnya, selain perbaikan sarana prasarana, pasangan ini juga telah mencanangkan akan melahirkan berbagai program keagamaan yang tidak hanya bersifat sektoral namun juga lintas agama.

“Untuk Islam, dia akan menggelar MTQ dan untuk Kristen, akan menggelar lomba paduan suara dan Cerdas Cermat Alkitab (CCA) yang secara rutin akan diadakan sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan local untuk datang ke Simalungun. Tidak lupa juga beragam acara lintas agama yang rencananya akan digelar diberbagai lokasi di Kabupaten Simalungun supaya terjadi pemerataan pendapatan bagi warga.” Kata Baringin kepada Hetanews.com.  

Penulis: juindra. Editor: edo.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!